Sabtu , November 17 2018
Home / Aplikasi / WeChat Rilis Faktur Pajak Elektronik Berbasis Blockchain Pertama
App Electroneum, Kerja Sampingan Online

WeChat Rilis Faktur Pajak Elektronik Berbasis Blockchain Pertama

Di Asia, nama WeChat memang sudah tidak asing lagi dikalangan pengguna pesan sosial media. WeChat app tidak hanya sekedar untuk komunikasi, tetapi juga layanan keuangan yang dibesut oleh Tencent Holdings Limited. Menurut berita yang diterbitkan pada 11 Agustus, baru-baru ini Tencent menerapkan sistem faktur elektronik blockchain di Shenzhen Guomao Rotary Restaurant.

Fokus app ini mulai melirik bisnis keuangan yang menjadikan Shenzhen sebagai kota pertama di China yang menggunakan faktur pajak elektronik blockchain. Faktur ini diterbitkan untuk pembayaran, penagihan dan penggantian yang bekerjasama dengan biro pajak Shenzhen dan Kingdee Software. Kemajuan ini tentunya disambut baik regulator pajak sebagai salah satu solusi praktis untuk pembayaran tepat waktu.

Faktur Pajak Elektronik WeChat

Sistem yang dibangun Tencent menerapkan layanan faktur elektronik dengan menyerderhanakan proses penggantian biaya. Proses ini untuk mempermudah verifikasi, penyerahan, peninjauan dan pengajuan pengembalian pajak yang tampak rumit. Sementara sistem faktur blockchain menangani permasalahan ini dengan cara memperpendek, menghilangkan perantara antara faktur dan pengggantian.

Setiap pembayaran melalui WeChat bisa dilakukan hanya dengan sekali klik. Transaksi dan informasi dari faktur ini disinkronkan ke sistem keuangan dan biro pajak secara real time. Tentunya, informasi yang tertulis dalam blockchain tidak bisa dirusak ataupun dihilangkan. Sistem ini menyerdahanakan proses transaksi pedagang, karyawan, pengusaha dan biro pajak.

Baca juga: Bakkt, Aplikasi Bitcoin Exchange ICE Rilis November 2018

Aplikasi faktur elektronik dianggap bisa menghemat waktu karena sistem akan memproses pembayaran secara otomatis. Sehingga pengguna bisa dengan mudah memverifikasi faktur dari sistem keuangan mereka. Sementara regulator pajak bisa memantau seluruh proses faktur, sirkulasi, penggantian secara real time, pembayaran tepat waktu.

Baca juga: IPO Pertama Dunia Terima Bitcoin, High Times Tarik Investor Crypto

Teknologi faktur elektronik WeChat sebelumnya telah diumumkan pada bulan Mei 2018, dimana mereka bekerjasama dengan kantor pajak Shenzhen. Dan bisnis Shenzhen Guomao Rotating Restaurant merupakan badan usaha yang pertama kali memanfaatkan sistem faktur elektronik blockchain. Faktur pajak elektronik ini dianggap sangat efektif untuk menghindari faktur palsu dan bisa membantu meningkatkan pengawasan faktur.