Kamis , November 15 2018
Home / Investasi / Volatilitas Pasar Dan Nilai Tukar Menentukan Strategi Trading
Cara Membaca Indikator RSI, Volatilitas Pasar

Volatilitas Pasar Dan Nilai Tukar Menentukan Strategi Trading

Didunia perdagangan cryptocurrency, saham dan forex, volatilitas merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Volatilitas pasar merupakan ukuran statistik dari dispersi pengembalian untuk aset tertentu. Nilai ini diukur menggunakan standar deviasi atau variasi antara pengembalian indeks pasar yang sama. Semakin tinggi volatilitas, maka akan semakin berisiko.

Volatilitas banyak digunakan dalam pasar sekuritas dan cryptocurrency yang berkaitan dengan perubahan besar di kedua arah. Untuk mempermudah pemahamannya, jika harga naik dan turun lebih dari 2 persen selama periode waktu yang berkelanjutan, maka situasi ini disebut Volatile/Volatilitas. Secara singkat, volatilitas adalah besarnya jarak harga antara fluktuasi harga. Harga yang tiba-tiba naik dan kemudian turun drastis disebut ‘volatilitas tinggi’.

Pentingnya Volatilitas Pasar

Bagaimana mengetahui apakah suatu pasar mengalami volatilitas? Menurut para ahli, volatilitas pasar bisa dilihat dengan cara mengukur perkembangan pasar, misalnya dalam 10 hari. Metode ini dianggap efektif untuk mengukur investasi masa depan, sehingga trader bisa menciptakan arah pasar. Rumus penetapan harga akan menunjukkan sejauh mana pengembalian aset akan berfluktuasi. Kemudian koefisien persentase dalam formula penetapan harga akan muncul dari aktivitas perdagangan harian.

Secara umum, volatilitas adalah jumlah perubahan harga selama periode waktu tertentu. Jika harga tetap relatif stabil, maka aset memiliki volatilitas yang rendah. Dalam perdagangan cryptocurrency, aset sangat mudah mengalami volatilitas. Sebuah koin/token sangat mudah menyentuh nilai tertinggi dan terendah, bahkan tidak menentu dan mengalami peningkatan/penurunan drastis. Hal ini yang membuat investor seharusnya menghitung volatilitas sebelum investasi kedalamnya.

Baca juga: Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin Dan Altcoin

Tetapi bagi trader berpengalaman, volatilitas pasar dianggap sebagai peluang besar untuk menghasilkan profit lebih tinggi. Secara umum, investasi akan selalu berkaitan dengan risiko kegagalan dan kesuksesan. Oleh sebab itu, beberapa trader lebih memilih strategi jangka panjang dibandingkan dengan jangka pendek. Terlebih dalam berinvestasi di cryptocurrency, apapun bisa saja terjadi dalam hitungan menit.

Perlu diingat, bahwa volatilitas dalam jangka pendek sangat mempengaruhi perdagangan harian. Trader tidak bisa lepas dari setiap menit perubahan yang terjadi. Dengan adanya volatilitas, seorang trader bisa mengambil keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan strategi jangka panjang. Tentunya dengan resiko yang jauh lebih besar, dan mengandalkan volatilitas sebagai landasan strategi.

Baca juga: Prediksi Pundi X (NPXS) Akhir Tahun 2018 Naik 200 Persen

Indikator yang umumnya digunakan dalam strategi memanfaatkan volatilitas pasar diantaranya adalah Bollinger Bands, RSI, dan Volume. Juga dibantu dengan memperkirakan level support dan resisten. Untuk trader pemula, sebaiknya jangan mencoba bermain-main dengan strategi jangka pendek. Kecuali mendapatkan rekomendasi dari praktisi, dan perhatikan kapan waktu yang tepat untuk menjual aset.