Sabtu , November 17 2018
Home / Tokoh / Vitalik Buterin, Co-Founder Ethereum Dan Bitcoin Magazine
Vitalik Buterin

Vitalik Buterin, Co-Founder Ethereum Dan Bitcoin Magazine

Dibalik ketenaran Ethereum, nama Vitalik Buterin bukan hal yang asing lagi. Pria kelahiran 31 Januari 1994, programmer dan penulis asal Rusia-Kanada. Prestasinya di blockchain tidak diragukan lagi dan sekaligus sebagai co-founder Ethereum dan Bitcoin Magazine. Di usianya yang masih sangat muda, Ethereum berhasil mencapai puncaknya mengikuti jejak bitcoin.

Buterin dilahirkan di Kolomna, Moscow Oblast, Rusia, anak dari seorang ilmuwan komputer, Dmitry Buterin dan Natalia Ameline. Awalnya mereka tinggal disana sampai usia Vitalik 6 tahun. Kemudian orang tuanya beremigrasi ke Kanada untuk mencari kerja yang lebih baik.

Vitalik dikenal sebagai anak yang cerdas, kelas tiga sekolah dasar dia ditempatkan di kelas anak-anak berbakat yang tertarik pada matematika, pemrograman, dan ekonomi. Kemampuannya berhitung angka tiga digit lebih cepat dua kali lipat dari rekan-rekannya.

Baca juga: Hal Finney, Penerima Bitcoin Pertama Dari Satoshi Nakamoto

Tahun 2012, dia memperoleh medali perunggu di Olimpiade Internasional dalam bidang Informatika. Pada tahun 2013, ia mengunjungi developer negara lain yang berbagi antusias kode pemrograman. Pertama kali mengenal bitcoin, Buterin diajarkan oleh ayahnya saat usia 17 tahun.

Kemudian, dia kembali ke Toronto akhir tahun 2013 dan menerbitkan White paper Ethereum. Ia kuliah di University of Waterloo tetapi berhenti pada tahun 2014, ketika ia menerima Thiel Fellowship senilai 100,000 dolar AS. Dan memilih bekerja penuh untuk proyek Ethereum yang diusulkannya.

Karir Vitalik Buterin

Awal karirnya dimulai ketika memulai blog bitcoin. Pemilik menawarkan 5 BTC yang pada waktu itu senilai 3,5 dolar AS. Buterin menulis di situs itu hingga akhirnya ditutup karena kurangnya pembaca teknologi Bitcoin.

Kemudian pada September 2011, Vitalik Buterin menerima tawaran publikasi bernama Bitcoin Magazine. Posisi yang ditawarkan waktu itu sebagai co-founder pertama sekaligus sebagai penulis. Dia juga menulis tentang topik terkait bitcoin di Bitcoin Weekly. Tak lama setelah itu, Bitcoin Magazine mulai menerbitkan edisi cetak pada tahun 2012. Inilah publikasi pertama yang fokus membicarakan cryptocurrency.

Baca juga: Nick Szabo, Pencetus Konsep Smart Contract Dan Bit Gold

Bitcoin Magazine kemudian dibeli oleh BTC Media, di mana Buterin terus menulis hingga pertengahan tahun 2014. Selain itu, dia juag memegang posisi dewan editorial Ledger. Jurnal ilmiah peer-review yang menerbitkan artikel penelitian asli lengkap tentang teknologi cryptocurrency dan blockchain.

Vitalik Buterin pertama kali mengenalkan Ethereum melalui White Paper pada akhir tahun 2013. Menurutnya, bitcoin membutuhkan bahasa scripting untuk pengembangan aplikasi, tetapi gagal mendapatkan persetujuan. Kemudian mengusulkan pengembangan platform baru dengan bahasa scripting yang lebih umum.

Baca juga: Gavin Andresen, Pemimpin Pengembang Bitcoin Core Pertama

Ethereum digambarkan Vitalik Buterin sebagai jaringan penambangan terdesentralisasi dan platform pengembangan aplikasi yang digulirkan menjadi satu. Gagasan ini memfasilitasi penciptaan cryptocurrency baru dan program yang berbagi dalam satu blockchain.  Pengembangan Ethereum di danai melalui crowdsale online yang berlangsung antara Juli dan Agustus 2014. Ethereum dirilis pada 30 Juli 2015, dengan 11,9 juta koin Premined untuk crowdsale atau sekitar 13 persen dari total suply sirkulasi.