Kamis , November 15 2018
Home / Tokoh / Si Kembar Winklevoss Keluar Angkasa Dari Hasil Bitcoin
Si Kembar Winklevoss

Si Kembar Winklevoss Keluar Angkasa Dari Hasil Bitcoin

Dunia kripto pasti mengenal si kembar Winklevoss yang lahir pada 21 Agustus 1981. Nama mereka awalnya mencuat setelah dikenal sebagai Winklevi, pasangan pendayung Amerika Serikat di Olimpiade Beijing 2008. Mereka juga sebagai pengusaha internet, mendirikan Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss. Selain itu, Winklevoss dikenal sebagai salah satu co-founder HarvardConnection atau ConnectU.

ConnectU merupakan situs jejaring sosial yang diluncurkan pada 21 Mei 2004. Sebelumnya bernama HarvardConnection yang didirikan pada Desember 2002. SosMed ini didirikan oleh Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra. Pengguna bisa menambahkan orang sebagai teman, mengirim pesan, mengganti profil, dan update status mereka.

Di tahun 2004, Winklevoss menggugat pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Mereka mengklaim bahwa Zuckerberg mencuri ide ConnectU untuk membuat situs jejaring sosial. Kalim ini dimenangkan dan akhirnya Winklevoss menerima 65 juta dolar AS.

Si Kembar Winklevoss, Pengusaha Internet

Si kembar Winklevoss saat ini dikenal sebagai tokoh yang mendukung perkembangan cryptocurrency. Mereka mendanai proyek BitInstant, aplikasi pembayaran bitcoin. Winklevoss mengklaim telah memiliki hampir 1 persen total bitcoin didunia pada April 2013. Diperkirakan total aset bitcoin senilai lebih dari 1 miliar dolar AS.

Baca juga: Benarkah Jihan Wu Menguasai Jaringan Bitcoin Dunia?

Pada tahun 2013, Math-Based Asset Services LLC, salah satu perusahaam si kembar Winklevoss. Mereka mengajukan permohonan dana berbasis Exchange Traded Fund (ETF) bitcoin yang disebut Winklevoss Bitcoin Trust. Tetapi akhirnya permohonan ini ditolak pada Maret 2017. Ditahun 2013 itu pula mereka mendanai BitInstant senilai 1,5 juta dolar sebagai investor pasif. Kabar buruknya, Charlie Shrem (CEO BitInstant) ditangkap dan didakwa atas tuduhan pencucian uang pasar gelap online Silk Road pada Januari 2014.

Baca juga: Brian Armstrong Dan Fred Ehrsam, Pendiri Coinbase

Mereka juga meluncurkan Winkdex pada tahun 2014, sebuah program indeks keuangan yang melacak harga bitcoin. Indeks ini berdasarkan data dari tujuh bursa, ditimbang berdasarkan volume perdagangan harian setiap pertukaran. Dan ditahun ini pula si kembar Winklevoss membeli kursi di pesawat ulang alik Richard Branson’s Virgin Galactic. Kabarnya, pembelian tiken ke luar angkasa menggunakan keuntungan dari bitcoin.

Baca juga: Cara Sukses Di Bitcoin, Ikuti 3 Strategi Trend Saat Ini

Hingga akhirnya mereka mendirikan Gemini exchange pada bulan Oktober 2015. Gemini resmi disetujui oleh New York State Department of Financial Services dan ditargetkan untuk pedagang profesional. Dan pada Mei 2018, Cameron dan Tyler Winklevoss berhasil memenangkan paten produk yang diperdagangkan di bursa (ETPs) dengan mata uang digital. Paten ini termasuk Bitcoin, Ripple, Dogecoin dan Ether.