Kamis , November 15 2018
Home / Tokoh / Sejarah Kecerdasan Buatan Dipopulerkan Ilmuwan Sejak Perang Dunia
Sejarah Kecerdasan Buatan

Sejarah Kecerdasan Buatan Dipopulerkan Ilmuwan Sejak Perang Dunia

Kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI) merupakan salah satu teknologi yang kini dikembangkan pesat. Tidak hanya pada penerapan robotik, tetapi berbagai aplikasi juga ikut menerapkan teknologi AI. Diantaranya facebook, Google, dan Microsoft, yang gencar menerapkan AI pada aplikasi mereka. Sejarah kecerdasan buatan sebenarnya sudah lama direncanakan, tetapi penerapannya mulai tampak jelas setelah komputer diciptakan.

Kecerdasan buatan adalah ilmu komputer yang bertujuan untuk menciptakan mesin cerdas dan telah menjadi bagian penting dalam industri teknologi. Penelitian yang terkait dengan AI digunakan dengan sifat tertentu termasuk pengetahuan, pemikiran/ide, penyelesaian masalah. Persepsi, pembelajaran/learning, perencanaan, memanipulasi dan memindahkan objek.

Pengembangan pengetahuan rekayasa merupakan bagian inti dari penelitian kecerdasan buatan. Mesin bisa bertindak dan bereaksi seperti manusia, memiliki berbagai informasi terkait aktifitas nyata. AI memiliki akses ke objek, kategori, properti dan hubungan antara semuanya untuk menerapkan rekayasa pengetahuan. Teknologi ini tampak seperti manusia berakal sehat, dimana penalaran dan pemecahan masalah sering dijadikan sebagai tugas utama.

Sejarah Kecerdasan Buatan

Bagaimana sejarah kecerdasan buatan mulai berkembang? Beberapa tokoh yang dikenal mengembangkan ide pertama diantaranya Ramon Llull. Dia menyempurnakan metodenya menggunakan alat mekanis berbasis kertas untuk menciptakan pengetahuan baru pada tahun 1308. Pada tahun 1666, Gottfried Leibniz mengusulkan alfabet pemikiran manusia dan berpendapat bahwa semua ide tidak lain hanyalah kombinasi dari beberapa konsep sederhana.

Tahun 1726, Jonathan Swift menerbitkan sebuah catatan berjudul ‘Gulliver’s Travels’ yang berisi tentang deskripsi mesin. Kemudian Thomas Bayes mengembangkan kerangka yang berfungsi sebagai penalaran kemungkinan kejadian atau pendekatan machine learning pada tahun 1763.

Menurut George Boole (1854), penalaran logis bisa dilakukan secara sistematis, tidak berbeda dengan cara memecahkan sistem persamaan. Kemudian berlanjut ditahun 1898, dimana Nikola Tesla adalah orang pertama yang membuat demonstrasi kapal radio-control pertama di dunia.

Ditahun 1914, Leonardo Torres y Quevedo mendemonstrasikan mesin catur pertama tanpa campur tangan manusia. Kemudian program komputer bermain catur diperkenalkan oleh Claude Shannon dalam tulisannya pada tahun 1950.

Dalam kisah penyebutan ‘robot’ dimulai oleh Karel Capek. Dia adalah seorang sastrawan yang memperkenalkan kata Robot dalam drama ‘Rossum’s Universal Robots’ ditahun 1921. Kemudian robot pertama yang dirancang Jepang pada tahun 1929, desain ini dibuat oleh Makoto Nishimura. Robot ini bisa mengubah ekspresi wajah, menggerakkan kepala dan tangannya melalui mekanisme tekanan udara.

Perlombaan Senjata Perang Dunia

Pada tahun 1941, Konrad Zuse membangun komputer Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali di Jerman. Ditahun 1943, Inggris berhasil menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia Jerman. Mesin pemecah kriptografi ini disebut Colossus, dimana Alan Turing terlibat didalamnya.

Baca juga: Apa Itu Kriptografi? Metode Dan Pengertian Menurut Ahli

Paper berjudul ‘A Logical Calculus of the Ideas Immanent in Nervous Activity’ ditulis tahun 1943 oleh Warren S. McCulloch dan Walter Pitts. Isi makalah ini tentang jaringan Neuron buatan yang ideal dan disederhanakan untuk mengerjakan fungsi logika sederhana. Menyusul Donald Hebb yang mengusulkan teori Neuropsychological pada tahun 1949. Teori machine learning berdasarkan dugaan mengenai jaringan saraf dan kemampuan sinapsis.

Edmund Berkeley juga pernah menerbitkan tulisan berjudul ‘Giant Brains’ pada tahun 1949. Menurutnya, mesin bisa menangani informasi, menghitung, menyimpulkan, memilih, dan dapat berpikir. Dan pada akhirnya, Alan Turing memperkenalkan konsep filsafat kecerdasasan buatan pada tahun 1950. Paper ini berjudul ‘Computing Machinery and Intelligence’ yang kemudian diterapkan kedalam ujian Turing.

Pengembangan berupa proposal dan paper terus berlangsung sebagai bagian dari perlombaan senjata Perang Dunia. Sejarah kecerdasan buatan mulai populer digunakan dalam berbagai penelitian dan rancangan mesin. Diantaranya tahun 1951 mulai dibangun SNARC (Stochastic Neural Analog Reinforcement Calculator).

Kemudian pada 31 Agustus 1955, istilah ‘Kecerdasan Buatan’ diajukan oleh John McCarthy (Dartmouth College). Nathaniel Rochester (IBM), Marvin Minsky (Universitas Harvard) dan Claude Shannon (Bell Telephone Laboratories). Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956, dimana IBM kemudian membuat superkomputer bernama Stretch, dan LARC dibangun oleh Sprery-Rand.