Kamis , November 15 2018
Home / Tokoh / Roger Keith Ver, Pengusaha Fintech Pendiri Bitcoin Cash
Roger Keith Ver

Roger Keith Ver, Pengusaha Fintech Pendiri Bitcoin Cash

Komunitas bitcoin cash pastinya sudah mengenal Roger Ver, bapak pendiri kripto yang mengadopsi kode sumber bitcoin. Roger Keith Ver, pria kelahiran 27 Januari 1979 adalah investor awal beberapa startup berbasis bitcoin. Dia salah satu pendukung utama bitcoin dan mempromosikan kripto ini sebagai sarana mencapai kebebasan ekonomi. Roger dikenal sebagai sosok libertarian, anarko-kapitalis, advokat perdamaian, pendukung individualisme dan kesukarelaan.

Saat ini Roger mempromosikan Bitcoin Cash, kripto yang dibangun dari hardfork bitcoin. Bitcoin Cash (BCH) awalnya diciptakan untuk memperbaiki beberapa permasalahan yang terdapat pada cryptocurrency bitcoin. Diantaranya biaya transaksi yang tinggi dan waktu konfirmasi yang lama.

Pengusaha Musa, Roger Keith Ver

Kebanyakan orang memanggil nama pria ini ‘Roger’ atau ‘Roger Ver’. Dia lahir di San Jose, belajar di De Anza College selama setahun dan kemudian putus sekolah untuk mengejar bisnisnya. Sisi negatif Roger dikenal ketika pindah ke Jepang pada tahun 2005. Ini terjadi setelah Roger menjalani hukuman 10 bulan penjara federal karena menjual bahan peledak ilegal.

Baca juga: Charlie Lee, Keluar Dari Google Dan Mendirikan Litecoin

Roger meninggalkan kewarganegaraan Amerika Serikat pada 2014, dan menjadi warga negara Saint Kitts and Nevis. Tahun 2015, visa Roger sempat ditolak saat masuk ke Amerika Serikat oleh Kedutaan Besar AS di Barbados. Kemudian di tahun yang sama, visa ini disetujui oleh Kedutaan Besar AS di Tokyo, dan kembali masuk ke Amerika Serikat pada Juni 2016. Saat itu sedang diadakan sebuah konferensi di Denver, Colorado.

Roger mulai berinvestasi di cryptocurrency pada awal 2011, dimana investasi pertamanya adalah Bitstein milik Charlie Shrem. Perusahaan ini berencana merekrut seorang perancang dan programmer lain. Pada tahun 2011, Ver Memorydealers adalah perusahaan pertama yang menerima pembayaran bitcoin pada tahun 2011. Advokasi awal ini telah membuatnya dikenal sebagai moniker Bitcoin Jesus.

Tahun 2012, dia membuat situs Bitcoinstore dot com yang diisi dengan ratusan ribu item yang bisa dibeli dengan bitcoin. Ditahun itu, Roger menyelenggarakan pertemuan bitcoin di Sunnyvale. Dan dia adalah salah satu dari lima pendiri Bitcoin Foundation. Pada April 2014, Roger mengambil alih Bitcoin dot com.

Baca juga: Nick Szabo, Pencetus Konsep Smart Contract Dan Bit Gold

Selain itu, Roger juga menginvestasikan lebih dari satu juta dolar ke dalam bisnis startup cryptocurrency. Diantaranya adalah Ripple, Blockchain dot info, exchange Bitpay dan Kraken. Prestasi Roger Keith Ver telah tercatat pada tahun 2018. Dimana dirinya menduduki peringkat 36 di Fortune’s The Ledger 40, di bawah usia 40 dalam bisnis keuangan dan teknologi (Fintech).