Sabtu , November 17 2018
Home / Investasi / Rahasia Bollinger Band, Indikator Trading Ampuh
Rahasia Bollinger Band

Rahasia Bollinger Band, Indikator Trading Ampuh

Bagi trader, mungkin sudah tidak asing lagi dengan indikator bollinger band. Salah satu parameter populer digunakan dalam perdagangan forex, sekuritas, dan tentunya cryptocurrency. Mengapa peran indikator ini dianggap penting dalam sebuah trading? Dalam praktiknya, banyak praktisi telah membuktikan rahasia bollinger band sebagai Teknikal Analisis (TA) perdagangan digital.

Apa itu bollinger band? Bollinger band adalah serangkaian garis yang memplot dua deviasi standar, yaitu positif dan negatif dari rata-rata pergerakan sederhana. Indikator ini telah lama dikembangkan pada tahun 1980-an oleh trader terkenal, John Bollinger. Bagaimana peran paramater ini dalam membantu trader meningkatkan profit?

Rahasia Bollinger Band

Rahasia bollinger bands merupakan teknik yang sangat populer digunakan sejak puluhan tahun. Trader menggunakannya untuk menentukan penjualan harga yang lebih tinggi disaat pasar overbought. Kemudian membeli di harga pasar yang lebih rendah ketika pasar oversold. Indikator ini menerapkan aturan-aturan tertentu yang digunakan dalam perdagangan.

Baca juga: Cara Memprediksi Pergerakan Pasar Bitcoin Dan Saham

Bollinger band bekerja dengan baik sesuai yang diharapkan. Karena harga pasar bergerak di antara kedua band seperti bola yang memantul, menyebabkan analisa perdagangan tidak akurat. Untuk membantu dalam kasus ini, trader bisa melihat arah harga dan mengambil sinyal perdagangan yang diselaraskan dengan tren. Band yang lebih rendah digunakan sebagai acuan untuk membeli, dan band paling atas untuk menjual aset.

Pada umumnya, sekitar 90 persen harga terjadi diantara dua band. Dan jarang terjadi candle melewati upper dan lower band, kecuali disaat-saat tertentu. Misalnya, ketika harga mata uang turun drastis umumnya membuat band melewati garis. Fungsi TA ini berguna untuk sinyal transaksi overbought dan oversold. Bisa dengan menambahkan beberapa band untuk menampilkan kekuatan harga atau untuk mencari volatilitas.

Baca juga: Cara Membuat Bot Trading Bitcoin, Instalasi Gekko Gratis

Beberapa praktisi menyarankan untuk menggunakan TA ini dengan dua atau tiga indikator atau multiple TA. Indikator ini bukan sistem teknikal analisis (TA) yang berdiri sendiri, tetapi juga sebagai indikator untuk memberikan informasi volatilitas harga. Beberapa teknik rahasia bollinger band yang umum digunakan bersamaan adalah Moving Average Convergence Divergence (MACD), Volume, dan Relative Strength Index (RSI). Setidaknya menggunakan paduan antara bollinger bands dan RSI.