Sabtu , November 17 2018
Home / Investasi / Perbedaan ETF Dan ETN, Mana Lebih Baik?
Perbedaan ETF Dan ETN

Perbedaan ETF Dan ETN, Mana Lebih Baik?

Beberapa hari teakhir, istilah ETN (Exchange Traded Note) menjadi perbincangan hangat dikalangan investor. Karena berita menyebutkan bahwa ETN bitcoin bisa diperdagangkan dengan dolar di Eropa. Padahal komunitas bitcoin mengharapkan ETF disetujui oleh SEC, yang sampai hari ini belum ada kepastian. Lalu, apa perbedaan ETF dan ETN?

Investor lebih mengenal dan menyukai ETF (Exchange Traded Fund) sebagai alternatif reksadana. Perdagangan ETF di pasar modal berbiaya lebih rendah dibandingkan reksadana tradisional. Antara ETF dan ETN sedikit berbeda, walaupun sama-sama aset tetapi ada beberapa resiko yang perlu diperhatikan.

Perbedaan ETF Dan ETN

ETN (Exchange Traded Note) merupakan produk terstruktur yang dibuat sebagai nota hutang senior yang umumnya dikeluarkan oleh bank besar. Produk ini diterbitkan pertama kali tahun 2006 oleh bank Barclays PLC, sebuah produk baru sebagai alternatif ETF. ETN bergantung pada kredit bank tanpa agunan, mengacu pada indeks tertentu.

ETN dikeluarkan oleh bank besar, umumnya berada diperingkat teratas. Tetapi jika peringkat kredit dipotong, maka akan berdampak negatif pada ETN. ETN bisa melacak produk atau indeks yang mendasarinya, dan instrumen hutang mempunyai hak klaim atas aset perusahaan. Tetapi tidak memberikan bunga dan termasuk obligasi zero coupund bond.

Baca juga: Belajar Trading Saham Pemula Paling Mudah

Sementara ETF (Exchange Traded Fund) mewakili saham yang tidak tunduk pada risiko kredit. Tidak seperti ETN, produk ETF hanya tunduk pada resiko pasar. ETF memberi keuntungan modal tahunan dan distribusi pendapatan, produk ini lebih mirip dengan saham. Tidak seperti ETN yang bisa melacak produk dengan tepat, ETF tunduk pada manipulasi pasar.

ETF ini sebenarnya merupakan produk reksadana, dan tidak sama seperti reksadana biasa. Lebih tepatnya, ETF berbentuk common stock dan jual beli terjadi dibursa saham. Untuk memahami perbedaan ETF dan ETN, penjelasan tentang ETF bisa ditemukan pada artikel sebelumnya.

Baca juga: Apa Itu ETF (Exchange Traded Fund)

Jadi, dari kasus bitcoin tampak jelas bahwa ETN diterbitkan sebagai alternatif ETF yang terus ditolak SEC. ETN bitcoin diperdangkan di Swedia sejak tahun 2015. Tetapi baru-baru ini ticker CXBTF diterbitkan untuk menarik investor luar dalam bentuk fiat dolar. Hampir sama seperti obligasi, penerbit ETN akan membayar kepada pemegang ketika ETN jatuh tempo.

Baca juga: Cara Memilih Broker Saham, Sekuritas Atau Pialang