Sabtu , November 17 2018
Home / Tokoh / Misteri Satoshi Nakamoto, Identitas Sosok Penemu Bitcoin
Misteri Satoshi Nakamoto, quote

Misteri Satoshi Nakamoto, Identitas Sosok Penemu Bitcoin

Sejak bitcoin dikenal publik dan booming, banyak orang mempertanyakan siapa sebenarnya dibalik proyek yang menggagas blockchain. Misteri Satoshi Nakamoto tampaknya tidak terpercahkan, walaupun beberapa kandidat menyebutkan siapa sebenarnya sosok ini. Tetapi tidak ada bukti valid yang mengarah pada seseorang yang benar-benar menciptakan bitcoin.

Siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto? Dan apa perannya sepanjang sejarah munculnya bitcoin? Satoshi Nakamoto adalah nama yang digunakan oleh orang yang tidak dikenal atau orang-orang yang mengembangkan bitcoin pertama kali. Dia menulis rancangan bitcoin dalam sebuah white paper dan menyebarkan penerapan bitcoin. Satoshi menyusun database blockchain yang secara langsung merupakan orang pertama menyelesaikan masalah pengeluaran ganda untuk mata uang digital.

Satoshi Nakamoto Penemu Bitcoin

Blockchain pada awalnya digagas pada bulan Oktober 2008, dimana Nakamoto menerbitkan sebuah makalah kriptografi yang dirilis di milis Metzdowd. Makalah ini berjudul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System“. Menurut pengakuannya, dia telah menulis kode sejak tahun 2007, desain inti mampu mendukung berbagai jenis transaksi.

Pada bulan Januari 2009, Nakamoto merilis perangkat lunak bitcoin pertama yang meluncurkan jaringan pertama cryptocurrency yang disebut bitcoin. Pada 9 Januari 2009, Satoshi Nakamoto merilis software bitcoin Versi 0.1 dihalaman Sourceforge.

Pada 3 Januari 2009, jaringan bitcoin muncul pertama kali. Satoshi Nakamoto menambang blok genesis bitcoin (blok 0) dengan imbalan 50 bitcoin. Catatan ini tertanam dalam transaksi Coinbase “The Times 03/Jan/2009 Chancellor on brink of second bailout for banks”.

Catatan ini ditafsirkan sebagai timestamp tanggal awal genesis dan mengejek ketidakstabilan sistem perbankan. Stamp waktu untuk blok berikutnya menunjukkan bahwa Nakamoto tidak sendirian menambang semua blok awal.

Baca juga: Pengertian Cryptocurrency Menurut Para Ahli

Satoshi Nakamoto mendapatkan bitcoin pada blok genesis 10 hari setelahnya. Log transaksi bitcoin publik menunjukkan bahwa alamat bitcoin yang dimiliki Nakamoto menyimpan sekitar satu juta bitcoin. Jika dijual pada bulan Desember 2017, bitcoin ini bernilai lebih dari 19 milyar dolar AS, mungkin pada saat itu dia adalah orang terkaya ke-44 di dunia.

Misteri Satoshi Nakamoto

Satoshi membangun blockchain menggunakan jaringan peer-to-peer. Dirinya aktif dalam pengembangan bitcoin hingga Desember 2010. Awalnya, Nakamoto mengaku sebagai seorang pria yang tinggal di Jepang, lahir pada 5 April 1975. Ada beragam spekulasi tentang identitas sejati Nakamoto yang merujuk pada ahli kriptografi dan komputer keturunan non-Jepang yang tinggal di Amerika Serikat dan negara Eropa.

Tidak hanya itu, dalam mengembangkan popularitas bitcoin, Satoshi Nakamoto juga membuat forum Bitcointalk. Forum ini masih aktif memperbincangkan kemajuan bitcoin dan blockchain. Satoshi adalah orang pertama yang memposting di forum pada tahun 2009 dengan nama username Satoshi.

Satoshi Nakamoto membuat situs web dengan nama domain bitcoin.org dan terus berkolaborasi dengan pengembang lain hingga pertengahan tahun 2010. Di tahun inilah dia menyerahkan kendali source code dan kunci peringatan jaringan ke Gavin Andresen. Satoshi mentransfer beberapa domain terkait ke berbagai anggota terkemuka komunitas bitcoin. Setelah semuanya selesai, dia berhenti meneruskan proyek bitcoin.

Beberapa informasi menyebutkan spekulasi tentang sosok asli Satoshi Nakamoto. Seorang user Dark-web pernah mencoba meretas akun emailnya ([email protected] dan [email protected]). Dia menemukan beberapa foto yang menunjukkan wajah pencipta bitcoin, tampak dari belakang dan samping. Bukti ini hanya memastikan bahwa Satoshi Nakamoto adalah orang Asia.

Dikabarkan, Satoshi Nakamoto pernah terdeteksi dibeberapa tempat, termasuk Bali, Swiss dan Rusia. Kegiatan ini terdeteksi saat mengakses salah satu akun emailnya yang diawasi oleh intelijen beberapa negara. Bitcoin awalnya merupakan anomali dalam kode algoritma yang kemudian diterapkan kedalam SHA-256. Beberapa tulisan yang belum terhapus dari email Satoshi Nakamoto menyebutkan, bahwa riset bitcoin awalnya didanai oleh NSA (National Security Agency) melalui akun anonim.

Misteri Satoshi Nakamoto sampai saat ini tidak terpecahkan. Beberapa kandidat yang merujuk pada sosok ini diantaranya Hal Finney, Nick Szabo, Dorian Nakamoto, dan Craig Wright. Tidak satupun kandidat ini dan yang lainnya membuktikan bahwa mereka adalah pencipta bitcoin yang sesungguhnya.