Home / Kripto / Masa Depan Ripple (XRP), Potensi Dan Prediksi Harga Mendatang
Masa Depan Ripple

Masa Depan Ripple (XRP), Potensi Dan Prediksi Harga Mendatang

Bagaimanapun, Ripple merupakan salah satu koin yang diagungkan banyak orang. Bagaimana tidak, developer koin ini memecahkan rekor kerjasama sangat baik dengan beberapa perusahaan berkelas. Ada beberapa hal yang harus digaris bawahi tentang masa depan Ripple (XRP) yang kini eksis di 10 cryptocurrency teratas.

Ripple adalah salah satu dari teknologi keuangan yang menjanjikan jaringan cepat untuk transaksi. Ripple berhasil meraih simpati para investor yang mulai menyadari bahwa pengembangan XRP semakin besar. Beberapa pengamat menyebutkan bahwa harga XRP diperkirakan akan meningkat diakhir tahun 2018. Ditahun lalu, 2017, harga XRP melonjak tak tanggung-tanggung mencapai 4000%.

Masa Depan Ripple

Ripple telah membangun jaringan di seluruh dunia, setidaknya ada di 100 negara dengan hampir 200 mitra korporat. RippleNet juga digunakan untuk jaringan ATB Financial di Kanada ke Reisebank di Jerman. Begitu pula dengan Santander menjadi bank Inggris pertama yang menggunakan xCurrent untuk pembayaran lintas batas real-time, melalui aplikasi seluler.

Sebelumnya, pada akhir tahun 2017, penggunaan teknologi Ripple oleh Standard Chartered telah berhasil mendongkrak nilai jual XRP. Padahal diawal peluncuran XRP ke pasar pada 4 Agustus 2013, XRP ditutup pada level 0,005882 dolar AS. Kemudian pada 16 Maret 2018, XRP berada diharga 0,697269 dolar AS.

Baca juga: 3 Investasi Cryptocurrency Terbaik Berpotensi Profit Tinggi

Masa depan Ripple sangat jelas berbeda dengan Bitcoin yang menganut sistem pembayaran peer-to-peer dan desentralisasi global. Ripple bisa melayani bank dengan menyediakan teknologi pembayaran blockchain lintas batas. Dan satu hal lagi, koin ini kurang terdesentralisasi dibandingkan dengan Bitcoin. Tetapi ada beberapa hal yang harus digaris bawahi sebelum memilih XRP sebagai salah satu investasi.

Diantaranya, bahwa masa depan Ripple dianggap bertentangan dengan nilai-nilai cryptocurrency yang seharusnya terdesentralisasi. Tidak seharusnya perusahaan atau organisasi mengontrol penuh sebuah cryptocurrency. Tetapi faktanya bahwa Ripple Labs memegang lebih dari 50% dari total pasokan XRP. Kekhawatiran investor dan trader, bahwa Ripple bisa saja memanipulasi harga XRP. Misalnya menjatuhkan harga dengan cara dumping 10% XRP yang mereka simpan, untuk membeli lebih banyak XRP yang beredar dipasar.

Konsensus buku besar juga berbeda, tidak sama seperti standar cryptocurrency Bitcoin. Jaringan Ripple mengharuskan peserta yang divalidasi untuk memverifikasi transaksi. Hanya peserta yang disetujui sebelumnya yang dapat menjalankan Node dan memverifikasi transaksi Ripple. Sementara dalam jaringan Bitcoin, siapa pun bisa mengatur Node dan memverifikasi transaksi.

Baca juga: Jenis Cryptocurrency Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Fakta lainnya, kebanyakan orang tidak mengetahui otoritas pusat yang dimiliki Ripple Labs. Tujuan proyek Ripple adalah menjual teknologi transaksional, dan XRP hanyalah bagian dari aktivitas Ripple Labs. Teknologi mereka memang digunakan untuk perbankan, dan koin XRP adalah produk berbeda. Koin XRP yang beredar di exchange tidak ada hubungannya sama sekali dengan penggunaan teknologi perbankan.

Prediksi Harga Ripple

Bagaimanapun, masa depan Ripple akan tetap cemerlang. Maka tidak heran sebagian praktisi menyebutkan, bahwa Ripple sukses mengumpulkan dana dari penjualan XRP. Aset yang mereka miliki cukup untuk mengembangkan teknologi baru Ripple Labs. Sementara cryptocurrency lain berusaha menggalang dana dari crowdfunding, tetapi banyak yang tidak sukses.

Baca juga: Perkembangan Stellar Lumens (XLM) 2018, Lightyear Akuisisi Chain Inc

Menurut beberapa praktisi, posisi XRP yang berdekatan dengan popularitas cryptocurrency BTC dan ETH akan sangat membantu kenaikan harga. Setidaknya seperempat lonjakan bisa saja terjadi di 2018. Prediksi memperkirakan XRP akan menduduki nilai tukar sebesar 2-3 dolar AS pada akhir tahun 2018 hingga awal 2019.

Baca Juga

Cara Membuat Wallet BitShares

Cara Membuat Wallet BitShares Dan Trading DEX BTS

Banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa BitShares (BTS) bukan hanya sekedar cryptocurrency. BitShares memiliki …