Sabtu , November 17 2018
Home / Kripto / Manfaat Dan Kegunaan Bitcoin Secara Finansial
manfaat dan kegunaan bitcoin

Manfaat Dan Kegunaan Bitcoin Secara Finansial

Era digital berubah, kini transaksi finansial lebih aman menggunakan kripto. Bitcoin, adalah mata uang digital yang diciptakan tahun 2009 oleh orang yang tidak dikenal. Mereka menyebutnya Satoshi Nakamoto, yang kemudian teknologi blockchain dikembangkan hingga saat ini. Blockchain kemudian berekembang dan melahirkan beberapa yang populer, diantaranya adalah Litecoin dan Ethereum. Bagi pemula, mungkin bertanya-tanya, apa manfaat dan kegunaan Bitcoin secara finansial?

Harga bitcoin sempat meroket diakhir tahun 2017, sejak saat itu nama Bitcoin menjadi Booming. Transaksi bitcoin dibuat tanpa perantara, artinya tidak ada bank yang terlibat didalamnya. Bitcoin bisa digunakan untuk memesan barang atau berbelanja dibeberapa toko online. Hebatnya lagi, transaksi yang menggunakan bitcoin bisa dilakukan secara anonim, dan pembayaran mudah yang tidak terikat dan tunduk dengan negara manapun.

Sebagian orang hanya membeli bitcoin sebagai investasi, dengan keyakinan bahwa suatu hari nanti nilai ini jauh lebih mahal dari harga sekarang. Apa saja manfaat dan kegunaan Bitcoin secara finansial?

Manfaat Dan Kegunaan Bitcoin

Bitcoin dibangun dengan sistem desentralisasi, artinya tidak ada lembaga tunggal yang mengontrol jaringan bitcoin. Semuanya dikelola oleh sekelompok sukarelawan yang dijalankan oleh jaringan terbuka yang tersebar di seluruh dunia. Dengan adanya Bitcoin, maka tidak ada lagi masalah pengeluaran ganda, dipalsukan atau disalin ulang.

Perlu diingat, bahwa total distribusi Bitcoin terbatas. Tidak sama dengan mata uang fiat seperti dolar atau rupiah yang jumlahnya tanpa batas. Total koin maksimum yang bisa diproduksi sebanyak 21 juta koin, saat ini masih mencapai lebih dari 16 juta koin. Semuanya dikontrol dengan algoritma, sehingga sangat tidak mungkin mengeluarkan koin ganda atau dipalsukan.

Transaksi bisa dilakukan tanpa harus mengetahui rekan kita. Anda tidak perlu menyebutkan identitas resmi, dengan Bitcoin maka siapapun bisa bertransaksi secara anonim. Berbeda dengan sistem Bank tradisional, setiap pengiriman harus menggunakan identitas resmi. Setiap kepemilikan Bitcoin hanya menggunakan alamat Wallet berupa kombinasi acak huruf dan angka.

Baca juga: Apakah Bitcoin Bisa Diuangkan? Dan Bagaimana Caranya?

Unit terkecil dari mata uang bitcoin disebut satoshi yang berkisar seperseratus juta Bitcoin (0,00000001). Perlu diketahui, transaksi Bitcoin tidak bisa dibatalkan. Jika transaksi tercatat di jaringan lebih dari satu jam, tidak mungkin dimodifikasi.

Baca juga: Cara Investasi Cryptocurrency Paling Mudah Dan Aman

Dari kesimpulan diatas, manfaat dan kegunaan bitcoin secara finansial tentu akan mempermudah transaksi ke berbagai negara. Transaksi cepat tanpa mengenal waktu libur, tanpa perlu mengenal identitas. Kapanpun dan dimanapun, sepanjang terhubung dengan internet. Tidak ada pemalsuan bitcoin, dan pastinya harganya mahal dan sangat menguntungkan untuk investasi jangka panjang.