Sabtu , November 17 2018
Home / Mining / Keuntungan Mining Bitcoin, Kalkulasi Profit Perhari
Keuntungan Mining Bitcoin

Keuntungan Mining Bitcoin, Kalkulasi Profit Perhari

Maraknya perdagangan dan penambangan bitcoin, membuat harga pasar fluktuasi. Hal ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya karena aturan beberapa negara yang secara tegas melarang keberadaannya. Meskipun demikian, jumlah penambang dan pedagang bitoin semakin bertambah ditahun 2018 ini. Berapa sebenarnya nilai keuntungan mining bitcoin yang bisa diperoleh setiap hari?

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang mulai berinvestasi kedalam mata uang kripto. Alasan yang paling umum karena nilai jual dimasa mendatang bisa saja benilai jauh lebih tinggi. Melihat pergerakan grafik harga bitcoin, orang-orang mulai optimis bahwa bitcoin akan mengulang sejarah yang sama.

Pada awalnya bitcoin ditambang oleh komunitas kripto yang masih sangat sedikit. Itupun dilakukan karena hobi, bukan karena nilai jual yang saat itu tidak ada harganya sama sekali. Bitcoin sempat dibagikan kepada pengguna baru sebanyak 5 BTC, dan pernah dilelang tetapi tidak satupun yang berminat membeli.

Perhitungan Keuntungan Mining Bitcoin

Kebanyakan pemula berfikir bahwa investasi bitcoin bisa diperoleh secara singkat. Faktanya tidak demikian, harga bitcoin dari tahun ke tahun sebenarnya mengalami kenaikan. Ini bisa dilihat dari grafik penjualan bitcoin mulai dari awal peluncurannya. Penambangan bitcoin menggunakan sistem Proof of Work algortima SHA-256, yang kini ditambang dengan ASIC.

Baca juga: Mengenal Proof Of Work Dan Cara Kerja Penambangan

Meskipun harga bitcoin turun lebih dari 50 persen sejak Januari 2018, bukan berarti bitcoin tidak mungkin mengulang sejarahnya. Mengingat bahwa semua grafik perdagangan tidak ada yang flat dan pasti naik turun. Booming ini sebenarnya sudah terjadi 2 kali, yang pertama terjadi tahun 2011 naik hingga 2000 persen. Kemudian menyusul di Desember 2017 mencapai harga 17900 dolar, dan turun menjadi 14000 dolar hanya dalam waktu 24 jam.

Untuk saat ini, keuntungan mining bitcoin tidak bisa dipastikan, apakah benar-benar menguntungkan atau tidak. Disaat harga bitcoin fluktuasi mencapai 6000 dolar AS, dan tingkat kesulitan yang semakin tinggi. Sebaiknya hold aset bitcoin dan tunggu saat yang tepat menjualnya. Bitcoin tidak lagi menguntungkan ditambang dengan komputer GPU. Saat ini teknologi yang bisa mendatangkan keuntungan besar ditambang melalui perangkat ASIC.

Baca juga: Resiko Mining Bitcoin Yang Harus Dipahami Penambang

Berdasarkan perhitungan 10 Agustus 2018, penambangan 1 BTC bisa terselesaikan dalam waktu 1671 hari dengan perangkat ASIC 14 TH/s. Diharga jual bitcoin saat ini 6500 dolar, maka keuntungan perbulan berkisar 17 dolar, dan profit pertahun 216 dolar AS. Ini belum termasuk hardware cost ataupun maintenance. Sementara harga jual perangkat penambangan Bitmain Antminer S9 14 TH/s dibandrol seharga 18-19 juta rupiah.

Baca juga: Cara Mining Bitcoin, Altcoin, Paling Mudah Dan Cepat

Bagi Anda yang ingin menghitung keuntungan mining bitcoin tidak perlu lagi secara manual. Saat ini sudah ada platform online yang otomatis menyesuaikan tingkat kesulitan, harga listrik, dan harga perangkat. Tidak hanya untuk penambangan bitcoin, tetapi bisa juga untuk memperhitungkan penambangan altcoin. Langsung saja ke website What To Mine.