Sabtu , November 17 2018
Home / Mining / Hardware Mining Asal China Terkena Sanksi Perdagangan AS
Mengenal Cloud Mining, hardware mining

Hardware Mining Asal China Terkena Sanksi Perdagangan AS

Berita terbaru kali ini menyebutkan bahwa produsen hardware mining akan terkena imbas sanksi Amerika Serikat. Pemberlakukan sanksi ini ditujukan terhadap barang-barang dari Cina, termasuk Bitmain, Canaan dan Ebang. Berita ini diterbitkan dalam surat kabar South China Morning Post, 16 Oktober 2018.

Imbas dari aturan baru yang dikeluarkan AS dapat mempengaruhi produsen hardware mining China. Menurut laporan yang dikutip dari media tersebut, teknologi mining diklasifikasi sebagai produk yang dikenai tarif ketat oleh United States Trade Representative (USTR). Seluruh barang yang terkait dan dijual ke AS akan terkena sanksi ini.

Kenaikan Tarif Hardware Mining Asal China

Tentunya, kenaikan tarif akibat aturan Amerika akan berdampak pada pertambangan bitcoin di Amerika. Biaya operasional penambangan akan naik, sehingga akan berakibat pada pergerakan harga pasar bitcoin. Administrasi dibawah kepemimpinan Trump secara signifikan telah berperang dengan China secara ekonomi. Sehingga tarif AS akan berimbas pada lebih dari 250 barang-barang asal China.

USTR mengklasifikasi ulang Antminer S9 milik Bitmain yang didirikan Jihan Wu sebagai salah satu produk aparatus mesin elektrik. Perangkat ini dikenai tarif 2,6 persen, dan tarif tambahan diberlakukan pada bulan Agustus 2018. Diperkirakan peningkatan biaya impor berimbas pada produk buatan China mencapai hingga 25 persen dari 267 miliar dolar.

Baca juga: Liabilitas Cryptocurrency Yang Harus Diketahui

Padahal sebelumnya, tarif impor produk ini mencapai 25 persen, dan kini naik menjadi 27,6 persen. Menurut Ben Gagnon, co-founder pengembang hardware mining Bitcoin LuTech, bahwa semua produsen Rig mining yang berbasis di Cina kemungkinan akan terpengaruh oleh perubahan kode tarif. Hal ini direncanakan sebagai imbas dari tarif perdagangan AS.

Menurut data yang dihimpun SCMP pada tahun 2017, penjualan di luar negeri menyumbang 8,5 dan 3,8 persen dari total pendapatan Canaan dan Ebang. Tentunya, tarif ini akan memberatkan Bitmain. Terlebih baru-baru ini Bitmain telah melakukan pre-IPO dimana mereka memperoleh 51,8 persen pada tahun 2017.

Baca juga: Cara Mining Ethereum Classic (ETC) Paling Mudah

Imbas ini akan terasa sangat berat bagi produsen hardware mining. Terlebih pada penambangan Bitcoin Cash (BCH) akan menghadapi kerugian besar. Dan bukan rahasia lagi, bahwa penambangan BCH yang didirikan Roger selama ini hampir dikatakan tidak menguntungkan karena harga jual BCH yang rendah. Terlihat jelas bahwa penawaran cloud mining BCH tidak memberikan keuntungan dalam beberapa bulan terakhir.