Kamis , November 15 2018
Home / Mining / Hardfork Ethereum Constantinople Ditunda Hingga Awal 2019
Hardfork Ethereum

Hardfork Ethereum Constantinople Ditunda Hingga Awal 2019

Baru-baru ini pengembang core Ethereum (ETH) mengumumkan bahwa konsensus menunda rencana hardfork hingga Januari 2019. Keputusan ini dipublikasikan dalam sebuah pertemuan pada 19 Oktober 2018, Ethereum Core Devs Meeting Constantinople Session 2 Agenda. Hardfork Ethereum constantinople diuji pada testnet Ropsten pada 13 Oktober 2018.

Sebelumnya telah dijadwalkan akan aktif pada Main blockchain Ethereum pada akhir Oktober hingga awal November. Simulasi ini berjalan pada Testnet jaringan utama sangat membantu pengembang untuk mencoba peningkatan smart contract tanpa harus membayar ‘Gas’ untuk pelaksanaannya.

Hardfork Ethereum

Hardfork constantinople adalah yang update Ethereum yang akan digunakan ke seluruh sistem. Upgrade ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi jaringan, terutama mencakup rencana untuk mengurangi blok imbalan bagi para penambang. Selian itu, pembaharuan juga berguna untuk memperkenalkan perubahan mekanisme konsensus jaringan. Sehingga blockchain lebih tahan terhadap penambang ASIC.

Keputusan akhir dari pertemuan tersebut memutuskan bahwa developer mencapai konsensus constantinople akan diluncurkan pada paling cepat pada akhir Januari 2019. Perubahan ini dianggap sebagai transisi hardfork menjadi sebuah pembaharuan atau upgrade di jaringan Ethereum tahun mendatang.

Baca juga: Cara Mining Ethereum Classic (ETC) Paling Mudah

Pertemuan ini diadakan setelah constantinople di Ropsten mengalami rintangan. Dimana sebelum aktivasi di blok 4,230,000 hardfork berhenti di blok 4,299,999 selama dua jam. Sehingga penambang Testnet dianggap gagal untuk mengaktifkan transisi protokol jaringan. Menurut pengembang, hal ini disebabkan masalah konsensus yang telah memicu hardfork antara Geth dan Parity.

Hashpower secara berlebihan menyebabkan pengurangan waktu blok dan menyebabkan hardfork terjadi lebih awal. Hardfork Ethereum diperkirakan terjadi pada hari Sabtu, terjadi hanya enam hari setelah rilis klien Geth terbaru, dan 1 hari setelah Parity. selain itu, para pengembang juga menemukan bug konsensus di Parity.

Baca juga: Hardware Mining Asal China Terkena Sanksi Perdagangan AS

Tidak satu pun pengguna menambang blockchain constantinople, maka penundaan dua jam diterapkan untuk mulai memproses blok 4,230,000. Pubik saat ini tidak memiliki monitor hardfork Ethereum testnet selain dari parity yang tidak mengungkapkan rincian rantai yang berbeda. Oleh karena kabar hardfork yang direncanakan bulan ini, harga jual ETH sempat naik tetapi tidak begitu signifikan.