Sabtu , November 17 2018
Home / Tokoh / Hal Finney, Penerima Bitcoin Pertama Dari Satoshi Nakamoto
Hal Finney

Hal Finney, Penerima Bitcoin Pertama Dari Satoshi Nakamoto

Sosok Hal Finney merupakan salah satu penggiat yang membesarkan nama bitcoin. Harold Thomas Finney II, adalah seorang developer PGP Corporation, developer kedua setelah Phil Zimmermann. Dalam karirnya, Finney sebagai pengembang utama pada beberapa game konsol.

Finney merupakan pengguna Bitcoin pertama yang menerima transaksi BTC langsung dari Satoshi Nakamoto, pada Januari 2009. Finney tinggal di Temple City, California. Kota yang sama dengan Dorian Satoshi Nakamoto selama 10 tahun. Spekulasi ini sempat menyebut menambah dirinya mungkin adalah pencipta Bitcoin, tetapi Finney membantahnya.

Hal Finney, Aktivis Kriptografi

Finney lahir di Coalinga, California, pada 4 May 1956. Meskipun usianya tak panjang (28 Agustus 2014), semasa sisa hidupnya ikut berperan aktif dalam komunitas bitcoin. Finney melanjutkan ke Institut Teknologi California, dia lulus dengan gelar Bachelor of Engineering pada tahun 1979.

Setelah lulus dari Caltech, Finney bekerja di bidang game komputer untuk perusahaan yang mengembangkan video game. Termasuk Adventures of Tron, Armor Ambush, Astroblast and Space Attack. Setelah itu bergabung di PGP Corporation sampai pensiun pada tahun 2011.

Finney adalah seorang aktivis kriptografi terkenal. Di awal tahun 1990-an, ida menjadi poster di Listserv cypherpunks dan menjalankan dua email anonim. Finney menjalankan kontes yang berhasil memecahkan enkripsi kelas ekspor yang digunakan Netscape.

Baca juga: Misteri Satoshi Nakamoto, Identitas Sosok Penemu Bitcoin

Di tahun 2004, Finney menciptakan Proof of Work pertama dunia kini digunakan bitcoin. sebagai seorang cypherpunk, menyebutkan bahwa publik dihadapkan dengan masalah kehilangan privasi. Komputerisasi yang merayap, database besar-besaran, lebih sentralisasi. David Chaum menawarkan arah yang sama sekali berbeda, menempatkan kekuasaan di tangan individu daripada pemerintah dan perusahaan. Komputer dapat digunakan sebagai alat untuk membebaskan dan melindungi orang, bukan untuk mengendalikan mereka.

Pada Oktober 2009, Finney menuliskan sebuah esai di blog Less Wrong bahwa dirinya telah didiagnosis Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) pada Agustus 2009. Finney memposting bahwa dirinya dalam keadaan lumpuh di sebuah forum BitcoinTalk pada Maret 2013. Tetapi dirinya terus aktif ikut memprogram sampai kematiannya.

Baca juga: Gavin Andresen, Pemimpin Pengembang Bitcoin Core Pertama

Di masa-masa ini, Finney terus mengerjakan perangkat lunak percobaan bernama BCFlick yang menggunakan Trusted Computing untuk memperkuat wallet Bitcoin. Di tahun-tahun terakhir dalam hidupnya, Hal Finneys menerima panggilan anonim yang memeras 1000 bitcoin. Pemeras menuntut biaya lebih banyak bitcoin, padahal sebagian besar telah digunakan untuk menutupi biaya medis pada tahun 2013.