Sabtu , November 17 2018
Home / Tokoh / Gavin Andresen, Pemimpin Pengembang Bitcoin Core Pertama
Gavin Andresen

Gavin Andresen, Pemimpin Pengembang Bitcoin Core Pertama

Sejarah bitcoin mencatat nama Gavin Andresen, yang sebelumnya dikenal sebagai Gavin Bell. Dia adalah seorang pengembang software kelahiran 1967, dan orang yang paling dikenal dikomunitas bitcoin. Andresen terlibat sepenuhnya, dia ikut membesarkan proyek dan nama besar bitcoin. Siapa sebenarnya Gavin Andresen?

Andresen adalah seorang sarjana lulusan Princeton University pada tahun 1988. Dia memulai karir pertama ketika bekerja disebuah perusahaan software grafis 3D, Silicon Graphics Computer Systems. Pada tahun 1996, Andresen ikut menulis spesifikasi VRML 2.0, kemudian menerbitkan referensi manual VRML 2.0.

Mengenal Gavin Andresen

Beranjak dari Silicon Valley pada tahun 1996, Andresen telah menangani berbagai jenis proyek yang berhubungan dengan software. Termasuk CTO dari startup Voice-over-the-Internet pertama, dan co-founder perusahaan game online multiplayer untuk orang buta.

Andresen awalnya hanya seorang pengembang grafis 3D dan perangkat lunak virtual reality. Entah bagaimana ceritanya, dia kemudian terlibat dalam pengembangan pasar bitcoin pada tahun 2010. Satoshi Nakamoto menyatakan bahwa dirinya sebagai pengembang utama implementasi, referensi software klien bitcoin. Hal ini diumumkan setelah Satoshi Nakamoto menyatakan keluar dari proyek bitcoin.

Pada tahun 2012, Andresen mendirikan Bitcoin Foundation untuk mendukung dan memelihara pengembangan kripto bitcoin. Sebelum tahun 2014, Andresen bekerja sebagai pengembang utama dalam proyek mata uang digital bitcoin. Awalnya, dia mendengar nama bitcoin pada tahun 2010 dan cepat mengenali kecanggihan desain sistem ini. Pada tahun 2014, dia tidak lagi berperan dalam pengembangan peranti lunak dan berkonsentrasi pada pengembangan bitcoin foundation.

Andresen membuat situs web ‘The Bitcoin Faucet’ yang bertujuan membagikan bitcoin gratis, saat itu dibagi 5 BTC per user. Forbes pada bulan April 2011 mengutip komentarnya tentang bitcoin, disebutkan bahwa bitcoin dirancang untuk membawa kita kembali ke mata uang yang terdesentralisasi dan lebih baik daripada emas. Dari sinilah Satoshi Nakamoto menunjuk dirinya sebagai pemimpin pengembangan software klien untuk jaringan Bitcoin Core.

Baca juga: Misteri Satoshi Nakamoto, Identitas Sosok Penemu Bitcoin

Andresen juga menciptakan ClearCoin, yaitu layanan Escrow yang kemudian ditutup 23 Juni 2011. Setelah beberapa tahun ikut dalam proyek perangkat lunak, dia meninggalkan peran pengembang utama bitcoin. Pada bulan November 2016 Andresen menyatakan bahwa programmer dan pengusaha Australia, Craig Wright, adalah Satoshi Nakamoto yang sebenarnya. Tetapi kemudian Gavin Andresen mencabut pernyataan ini. Dugaan ini tidak terbukti, tidak ada bukti yang nyata menunjuk Craig sebagai Nakamoto.