Home / Kripto / Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin Dan Altcoin
faktor yang mempengaruhi harga bitcoin

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin Dan Altcoin

Fenomena yang membuat banyak orang frustasi adalah turunnya harga bitcoin, atau istilahnya disebut ‘Dump’. Mengapa dump bisa terjadi dan tidak mengenal waktu? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin (BTC) turun hanya dalam hitungan menit. Turun secara tiba-tiba sering membuat trader bingung dan frustasi, karena harus menyesuaikan kembali tehnikal analisis (TA) baru.

Pasar bitcoin memang sejak kemunculannya dikenal tidak stabil. Sehingga beberapa praktisi menyarankan agar investor yang jarang menggunakan TA mengambil investasi jangka panjang. Ini jauh lebih mudah dibandingkan trading harian yang justru akan membuat Anda rugi besar. Investasi jangka panjang biasanya dalam periode bulan, atau paling cepat jangka menengah dalam beberapa minggu.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin

Beberapa penyebab bitcoin turun hari ini ataupun esok hari juga berdampak pada altcoin. Kecuali stable coin yang dijamin dengan mata uang fiat seperti USDT, TUSD dan DAI. Kita bisa mengambil langkah dengan menjual aset BTC dan koin lainnya menjadi kripto tersebut agar tidak mengalami kerugian besar.

Baca juga: 11 Cryptocurrency Yang Menjanjikan Dijamin Dolar Dan Emas

Adapun faktor yang mempengaruhi harga bitcoin dipasar cryptocurrency yang harus dicermati adalah sebagai berikut.

1. Regulasi Pemerintah Setempat

Aturan-aturan baru yang dikeluarkan pemerintah suatu negara sangat mempengaruhi harga bitcoin. Aturan yang berlaku di Cina, Jepang, dan baru-baru ini dari India, telah membuat pasar cryptocurrency turun. Aturan ini bisa saja terjadi di negara manapun, Asia, Eropa, dan yang paling signifikan terhadap aturan Securities and Exchange Commission (SEC) atau Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat. Harga pasar bitcoin bisa langsung naik aau turun akibat pengumuman lembaga yang satu ini.

Baca juga: Masa Depan Ripple (XRP), Potensi Dan Prediksi Harga Mendatang

2. Scam Cryptocurrency

Scam atau penipuan cryptocurrency biasanya terjadi pada altcoin. Tetapi scam ini pada umumnya tidak begitu berdampak besar pada bitcoin (BTC), melainkan koin scam itu sendiri. Scam ini tampaknya sudah mulai berkurang, mengingat aturan seleksi dari exchange tertentu sudah semakin ketat. Meskipun begitu, bukan berarti altcoin yang baru muncul juga menjanjikan sebagai aset investasi.

3. Hacker Beraksi

Setiap tahun diperkirakan kejahatan hacker terjadi disalah satu bursa cryptocurrency. Hal ini tidak bisa dihindari dan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga bitcoin. Ketika berita kejahatan diumumkan, investor besar umumnya menarik aset mereka ke wallet yang aman. Perpindahan aset yang besar dari bursa kripto ke wallet menyebabkan harga turun drastis.

Baca juga: Perkembangan Stellar Lumens (XLM) 2018, Lightyear Akuisisi Chain Inc

4. Volume Perdagangan

Volume perdagangan sangat mempengaruhi harga pasar bitcoin. Daya beli yang besar atau demand sangat membantu menaikkan pasar. Ketika dominasi BTC berkisar diatas 50%, maka harga biasanya mengalami tren positif. Over bought bisa membuat altcoin turun drastis, tetapi berhati-hati karena kapanpun harga bisa turun drastis.

5. Peran Media

Peran media tampaknya tidak bisa dihindari. Termasuk sosial media yang sering digunakan untuk mempengaruhi publik dengan gambaran tren positif masa depan. Semakin banyak media yang memberitakan tentang cryptocurrency, maka semakin besar nama koin tertentu. Review dan Airdrop, adalah salah satu faktor yang mempengaruhi harga bitcoin dan altcoin dipasar cryptocurrency.

Baca juga: Cara Membaca Indikator MACD, Setting Akurat Dan Terbaik

Kelima faktor yang mempengaruhi harga bitcoin dan altcoin tersebut akan membuat tehnikal analisis bernatakan. Jadi, setiap kali ada perubahan, maka TA harus segera diubah untuk memprediksi harga mendatang. Ketika bitcoin turun 2-3%, harga altcoin bisa saja turun hingga 10%. Sebaliknya, harga bitcoin naik 2-3% akan berdampak pada kenaikan harga altcoin lebih dari 5%. Kesempatan inilah yang sering digunakan trader untuk memperbanyak bitcoin, dengan cara memperdagangkan BTC-Altcoin.

Baca Juga

Andreas M. Antonopoulos

Andreas M. Antonopoulos, Sosok Yang Mempopulerkan Bitcoin

Dibalik namanya yang besar, Antonopoulos ternyata bukan seorang yang beruntung seperti penggerak popularitas Bitcoin lainnya. …