Senin , Desember 17 2018
Home / Investasi / ETP Kripto Pertama Dunia Hadir Di Bursa Saham SIX Swiss Exchange
ETP Kripto Pertama Dunia

ETP Kripto Pertama Dunia Hadir Di Bursa Saham SIX Swiss Exchange

Disaat harga bitcoin sedang mengalami penurunan drastis, minggu ini komunitas kripto diberi angin segar dari Swiss. Menurut informasi yang dipublikasikan situs Financial Times, Exchange Traded Products atau ETP kripto pertama dunia akan diperdagangkan minggu depan di bursa SIX Swiss Exchange. Bursa ini menduduki peringkat keempat terbesar di Eropa dengan nilai kapitalisasi sebesar 1,6 triliun dolar AS.

Amun AG merupakan startup crypto yang diperbolehkan untuk mendaftar dana indeks pada bursa saham tradisional. Kepala eksekutif Amun AG, Hany Rashwan, menyatakan bahwa ETP kripto akan memberi peluang kepada investor institusional untuk berinvestasi hanya dalam sekuritas. Atau mereka tidak ingin mengatur hak atas aset digital yang terekspos terhadap cryptocurrency. Ini juga akan memberikan akses kepada investor ritel yang tidak memiliki akses ke crpto exchange karena peraturan lokal.

ETP Kripto Pertama Dunia

ETP akan melacak crypto terbesar berdasarkan pangsa pasar dan mengalokasikan aset. Saat ini sekitar 50 persen investasi pada bitcoin, hampir 30 persen Ripple dan menyusul Ether. Selanjutnya ETP ini juga akan mendaftarkan BCHABC dan Litecoin, sehingga menjadikannya sebagai bursa saham terdaftar pertama dunia yang menyertakan BTC, XRP, BCHABC dan LTC.

Amun AG sebenarnya sudah menelusuri 23 bursa saham dan teritori yang berbeda diseluruh dunia. Dan pada akhirnya mereka memutuskan untuk memulai ETP (Exchange Traded Products) di negara Swiss. Produk investasi ini bisa diperoleh di SIX Swiss Exchange, merupakan indeks cryptocurrency pertama didunia. Amun AG akan mengenakan biaya manajemen sebesar 2,5% per tahun untuk investasi pasif.

Baca juga: Pemerintah Korea Selatan Restui Kerjasama Bank Dan Bursa Kripto

Apa itu ETP, dan apa bedanya dengan ETF? Exchange Traded Products (ETP) adalah jenis sekuritas yang diberi harga derivatif dan perdagangan intra-day di bursa efek nasional. Nilai ETP berasal dari instrumen investasi lain seperti komoditas, mata uang, harga saham, ataupun suku bunga. Tetapi pada umumnya, ETP mengacu pada saham, komoditas ataupun indeks dan dana ini bisa dikelola secara aktif.

ETP (Exchange Traded Products) termasuk dana yang diperdagangkan di bursa saham. Istilah lain yang sering diperdagangkan di bursa saham adalah ETF (Exchange Traded Funds), ETV (Exchange Traded Vehicles), dan ETN (Exchange Traded Notes). Dalam perkembangannya, ETP telah mengalami pertumbuhan besar sejak diperkenalkan. Perlakuan pajak berbeda yang berlaku untuk berbagai jenis ETP.

Baca juga: Kenapa Trading Selalu Loss? Inilah 12 Kesalahan Trader

ETP yang paling populer adalah ETF, merupakan sekuritas yang melacak indeks, komoditas atau aset. Berbeda dengan ETN yang meruapakan jenis jaminan utang tidak aman dan tidak terurai. Nilai ETN bisa saja dipengaruhi oleh peringkat kredit penerbit dan bukan pada perubahan indeks yang mendasarinya. Komunitas crypto berharap bahwa kemunculan ETP kripto pertama dunia akan memicu pasar dalam beberapa hari mendatang.