Sabtu , November 17 2018
Home / Investasi / Coinbase Berencana Luncurkan ETF Bitcoin, Produk Baru Kripto
Apa Itu Investasi Saham, ETF bitcoin

Coinbase Berencana Luncurkan ETF Bitcoin, Produk Baru Kripto

Semangat untuk tetap menghadirkan ETF bitcoin tampaknya tidak luntur. Walaupun berulang kali Securities Exchange Commission (SEC) menolak permohonan setiap tahunnya. Tahun ini, SEC mempertimbangkan kembali 3 permohonan ETF bitcoin setelah mengeluarkan pernyataan monolak pada 13 Agustus lalu. Kemudian menyusul Coinbase berencana luncurkan ETF bitcoin yang kini sedang didiskusikan.

Di bulan September, Coinbase menyatakan akan membuka peluang baru untuk ETF bitcoin. Coinbase, salah satu bursa kripto dan layanan wallet ternama sedang mencari dana untuk mewujudkan impian ini. Menurut berita yang dilansir Business Insider pada 6 September, Coinbase akan dibantu oleh BlackRock.

Coinbase Pertimbangkan ETF Bitcoin

Coinbase telah dikenal dan sangat familiar dikalangan pengguna kripto. Bursa kripto ini didirikan oleh Brian Armstrong dan Fred Ehrsam, resmi diluncurkan pada bulan Oktober 2012. Bursa ini banyak mendapatkan simpati dan bantuan dana perusahaan finansial besar. Coinbase selama ini tidak luput dari peran utamanya sebagai pendukung mata uang kripto bitcoin.

Hingga pada Januari 2015, Coinbase mencapai puncaknya menjadi crypto exchange pertama yang menerima investasi dari lembaga keuangan besar. Diantaranya adalah The New York Stock Exchange (NYSE), beberapa bank dan Draper Fisher Jurvetson. Perusahan ini menginvestasikan dana 75 juta dolar ke Coinbase.

Baca juga: Apa itu ETF? Sekuritas Yang Diperdagangkan Di Bursa Saham

Menurut informasi terakhir, Coinbase mengadakan percakapan dengan grup pengelola aset blockchain BlackRock. Investasi ini diperkirakan senilai 6 triliun dolar AS untuk mendanai ETF bitcoin. Exchange Traded Fund (ETF) yang diusulkan bertujuan untuk memungkinkan investor ritel mendapatkan akses ke pasar crypto.

Baca juga: Apa Itu ETF Bitcoin? Sejak Kapan Proposal Crypto Diajukan?

Tetapi informasi ini masih tetap tidak jelas, apakah pembicaraan itu hanya merupakan sebagian potongan dari diskusi panjangan antara Coinbase dan BlackRock. Padahal pada bulan Agustus lalu, Coinbase mengumumkan akan mengurangi biaya pengelolaan tahunan Dan Index. Pengurangan berkisar 1 hingga 2 persen berlaku untuk semua investor baru dan yang sudah ada.

Baca juga: Tips Trading Binance Aman Kurangi Resiko Rugi Besar

Peluang dibukanya ETF bitcoin oleh Coinbase merupakan langkah awal untuk memperkenalkan kategori baru. Menarik investor institusional kedalam dunia cryptocurrency yang sama sekali masih terbilang baru. Bahkan masih banyak orang yang meragukan bahwa bitcoin akan mengalami hal yang sama seperti mata uang digital sebelumnya.