Kamis , November 15 2018
Home / Mining / Cara Mining Electroneum Di Laptop, GPU Dan CPU Windows
Cara Mining Electroneum

Cara Mining Electroneum Di Laptop, GPU Dan CPU Windows

Sebuah laptop saat ini bisa dianggap sebagai perangkat biasa dikalangan penambang cryptocurrency. Tetapi jangan salah, bagi pemula bisa memanfaatkan laptop sebagai salah satu alternatif menambang koin yang hemat energi. Halaman ini akan menjelaskan, bagaimana cara mining electroneum di laptop ataupun desktop.

Electroneum (ETN) saat ini banyak digunakan dan dianggap sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan. Income ini tidak hanya sebatas kalangan penambangan, tetapi juga merupakan kesempatan bagi pemilik smartphone. Pasalnya, siapapun bisa saja dengan mudah menambang koin ETN di ponsel dan tidak menguras daya berlebihan.

Cara Mining Electroneum

Pembahasan tentang penambangan Electroneum di ponsel sebenarnya sudah dijelaskan pada halaman terdahulu. Dan kali ini akan dibahas cara mining electroneum di laptop dan desktop rumahan. Sehingga tanpa disadari bisa diberdayakan dan menambah penghasilan pasif.

Adapun cara mining electroneum di laptop dan desktop biasa dengan mengikuti beberapa langkah singkat berikut ini:

1. Unduh Tool Mining Electroneum

Hal yang pertama kali dilakukan adalah mengunduh perangkat lunak, tools yang akan membantu penambangan ETN. Untuk mempermudah, unduh software XMR-Stak langsung dari Github. Sebelum ekstraksi file, sebaiknya matikan antivirus atau ubah pengaturan pengecualian untuk folder pada antivirus.

2. Siapkan Wallet Electroneum

Sebelum menjalankan perangkat lunak penambangan cryptocurrency, siapkan terlebih dahulu wallet Electroneum. Pembuatan wallet bisa melalui mobile, petunjuknya bisa dihalaman ini: App Electroneum, Menambang Di Ponsel Android Dan iPhone.

3. Setting Pool Mining

Setelah unduhan selesai, ekstrak file pada folder yang telah di exception dan jalankan file exe. Tampilan command prompt akan muncul pertama kali dan akan menyesuaikan spesifikasi yang Anda miliki. Beberapa setting awal yang muncul sebagai berikut:

  1. HTTP intterface, isikan 0
  2. Algoritma yang akan ditambang, isikan electroneum
  3. Pool address: stratum+tcp://pooladdress:3333 atau list pool mining bisa dilihat pada halaman Pool Electroneum.
  4. Username, isikan wallet address yang telah dimiliki.
  5. Password, isikan ‘x’

Baca juga: Cara Menggunakan Minergate Di PC, Laptop, Ponsel Android

Setelah selesai, perangkat lunak ini akan berjalan dan membuat file baru di folder tersebut. Apabila ingin mengubah pengaturan, silahkan buka file ‘pools.txt’.

4. Setting CPU dan GPU

Untuk mengubah penggunaan core CPU, atau menurunkan kecepatan mining, buka file ‘cpu.txt’. Cukup gunakan 50% dari total core prosesor yang dimiliki agar kinerja tidak berat.¬†Pada bagian paling bawah terdapat setting CPU Threads, contoh konfigurasi 4 core seperti berikut ini:

“cpu_threads_conf” :
[
{ “low_power_mode” : false, “no_prefetch” : true, “affine_to_cpu” : 0 },
{ “low_power_mode” : false, “no_prefetch” : true, “affine_to_cpu” : 1 },
{ “low_power_mode” : false, “no_prefetch” : true, “affine_to_cpu” : 2 },
{ “low_power_mode” : false, “no_prefetch” : true, “affine_to_cpu” : 3 },
],

Jika Anda hanya menginginkan 2 core, hapus baris ‘affine_to_cpu: 2 dan 3’. Pada intinya, cukup gunakan setengah dari total core yang dimiliki. Maksimal 70% dari total core agar kinerja laptop tetap stabil.

Baca juga: Penghasilan Mining Rig Sehari Dan Cara Menghitungnya

Untuk setting GPU atau kartu grafis, XMR-Stak sejak awal instalasi telah menyesuaikannya secara otomatis. Jika tidak ingin menggunakan kartu grafis Anda untuk menambang, buka file ‘nvidia/amd.txt’ dan masukkan baris perintah berikut ini:

“gpu_threads_conf” :
null,

Perintah diatas akan menon-aktifkan penggunaan GPU/VGA dan hanya mengandalkan core prosesor. Nah, cara mining electroneum di laptop dan desktop dengan XMR-Stak jauh lebih mudah dibandingkan dengan perangkat lunak yang lain. Semuanya bisa disesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Mulai dari laptop, hingga kelas berat mining rig.