Sabtu , November 17 2018
Home / Mining / Cara Menggunakan Minergate Di PC, Laptop, Ponsel Android
menambang bitcoin

Cara Menggunakan Minergate Di PC, Laptop, Ponsel Android

Minergate adalah salah satu mining pool yang menyediakan software penambangan tersendiri. Disini kita bisa menemukan cryptocurrency apa saja yang bisa ditambang sesuai dengan spesifikasi komputer yang dimiliki. Setidaknya ribuan penambang dunia bergabung kedalam penambangan ini. Bagi pemula, mungkin sebaiknya mengetahui cara menggunakan minergate di PC low spec, laptop dan ponsel Android.

Minergate sampai hari ini masih setia melayani penambangan koin Monero, Ether, Bitcoin Gold, dan beberapa koin cryptonoe lainnya. Pool ini memang mendukung penuh penambangan CPU, sehingga banyak pengguna PC biasa maupun upgrade bergabung kedalamnya. Selian itu, minergate juga menyediakan pool penambangan Bitcoin, Litecoin, untuk perangkat ASIC.

Cara Menggunakan Minergate

Tidak seperti kebanyakan pool lain, Minergate bisa sangat mudah digunakan baik dikalangan pemula maupun praktisi. Software ini disediakan dalam 3 versi berbeda, yaitu console miner, desktop GUI miner, dan Mobile miner. Seluruh software untuk memproses kriptografi currency, bisa diunduh langsung dari halaman official minergate.

Untuk komputer PC biasa dan laptop sebaiknya menambang koin Monero (XMR). Sedangkan komputer yang dilengkapi minimal 3 kartu grafis (GPU) bisa memilih pool penambangan Ether (ETH), Ethereum Classic, ZCash, Bitcoin Gold, dan Bytecoin. Koin-koin ini dianggap paling menghasilkan profit dipasar cryptocurrency. Berikut cara menggunakan minergate di PC dan ponsel android.

1. GUI Miner PC dan Laptop

GUI miner merupakan pilihan terbaik untuk pemula yang baru saja mulai menambang. Tampilan grafis akan membuat pengguna lebih mudah beradaptasi dan mengenal bagaimana sistem penambangan cryptocurrency. GUI miner digunakan untuk komputer PC biasa ataupun laptop, dan komputer GPU.

Cara Menggunakan Minergate

Cara menggunakan minergate di PC cukup mudah, setelah terinstall dikomputer maka software ini akan auto start setiap kali komputer loading. Pertama kali digunakan, masukkan username dan password Anda, ini akan tersimpan dan otomatis akan menambang sesuai akun Anda. Pada tab Miner, set CPU core dan intensity GPU. Tab GPU mining akan aktif apabila komputer terpasang minimal satu kartu grafis 4 GB.

GUi miner menyediakan tombol pause untuk CPU dan GPU mining. Tombol ini berfungsi untuk non-aktif salah satunya. Untuk menjaga komputer tidak bekerja berat, set CPU core menjadi 50%. Misalnya prosesor dual core set menjadi 1 core, atau pause CPU core dan hanya menggunakan GPU mining.

2. Console Miner PC dan Laptop

Console miner ditujukan untuk penambang yang sudah familiar atau expert. Pengguna harus mengedit script untuk mengubah username dan koin apa yang akan ditambang. Tidak banyak penjelasan untuk ini, jika Anda expert pastinya sudah mengerti soal editing script.

3. Mobile Miner Android

Mobile miner saat ini telah disediakan dalam 2 jenis versi, yaitu untuk penambangan dan remote control. App ini bisa diunduh langsung dari website Minergate secara manual, ubah dahulu security setting agar bisa menginstal ‘unknown sources’. Setelah instalasi selesai, masukkan username dan password.

Untuk app Mobile Miner melayani penambangan koin cryptonote termasuk Monero (XMR), Monero Original (XMO). Bytecoin (BCN), DigitalNote (XDN), dan FantomCoin (FCN). Sementara untuk app Minergate Remote Control digunakan untuk pengguna yang memiliki rig mining. App ini menyediakan menu check balance, withdraw koin, membeli cloud mining bitcoin (BTC) dan Monero (XMR).

Cara Menggunakan Minergate Untuk PC Low Spec, Laptop

Bagi penambang yang menggunakan PC biasa dan Laptop. Agar tidak rugi dalam hal tagihan listrik, cukup menggunakan minergate tidak perlu full 24 jam. Cukup gunakan ketika Anda sedang bekerja, misalnya sedang mengetik, browsing. Minergate akan menggunakan resource yang tidak terpakai untuk mining Monero. Gunakan setengah dari jumlah core yang Anda dimiliki agar komputer tidak panas.

Baca juga: Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop, PC Biasa Yang Benar

Dengan cara ini, listrik yang digunakan tidak sia-sia, dengan kata lain bekerja sambil menambang. Kalau sudah selesai matikan saja, karena jumlah koin akan tersimpan otomatis dan akan dilanjutkan dihari selanjutnya. Bagaimana jika komputer/laptop tetap dihidupkan untuk aktifitas penambangan? Bisa saja, tetapi secara perhitungan maka Anda rugi dibeban listrik.

Aktifitas penambangan 24 jam bisa dilakukan jika komputer Anda memiliki minimal 3 kartu grafis 8GB. Spesifikasi minimal ini dan bisa menutupi biaya operasional, terutama beban listrik. Dan hasilnya bisa dijadikan sebagai gaji bulanan. Kalau tidak punya spesifikasi minimal, cukup aktifkan penambangan ketika sedang browsing, bekerja ataupun mengetik.

Baca juga: Cara Menambang Bitcoin Otomatis Super Hemat

Secara perhitungan, menambang dengan PC biasa ataupun Laptop bisa menghasilkan dalam waktu 1-2 tahun kedepan. Dengan kata lain, hasilnya bisa digunakan untuk pembelian PC atau laptop baru dengan spesifikasi yang sama. Secara logika, investasi yang ditanamkan akan sebanding dengan hasil yang diperoleh dalam waktu 1-2 tahun. Anggap saja Anda membeli laptop gratis setiap 2 tahun sekali. Bagi yang berminat, bisa langsung mendaftar disini: Minergate.