Sabtu , November 17 2018
Home / Aplikasi / Cara Menggunakan Coinbase, Verifikasi, Deposit Dan Withdraw
Coinbase Sedang Mempersiapkan IPO

Cara Menggunakan Coinbase, Verifikasi, Deposit Dan Withdraw

Aplikasi Coinbase saat ini tidak hanya digunakan sebagai wallet, tetapi bisa juga digunakan untuk membeli cryptocurrency. Tetapi penukaran cash di Indonesia belum tersedia, jadi kebanyakan pengguna lebih memilih memindahkan aset ke exchanger lokal. Berikut penjelasan bagaimana cara menggunakan Coinbase, mulai dari pendaftaran, verifikasi, deposit dan transfer.

Coinbase merupakan bursa kripto populer yang juga menyediakan wallet mobile bagi penggunanya. Platform ini bisa diakses melalui website dan app smartphone dengan mudah, untuk pertukaran barang dan pembayaran dengan cryptocurrency. Kelebihan yang diberikan Coinbase kepada semua pengguna, transfer antar akun tidak akan dikenakan biaya transaksi. Itulah sebabnya, mengapa banyak yang memilih app ini sebagai wallet mobile populer.

Begini Cara Menggunakan Coinbase

Coinbase awalnya hanya sebagai exchanger yang didirikan oleh Brian Amstrong dan temannya. Kemudian membawa Charlie Lee kedalam tim pengembang hingga akhirnya nama Coinbase sangat populer. Coinbase merupakan perusahaan exchanger yang mendapatkan modal dari perusahaan ternama, NYSE. Atas dasar inilah, banyak orang mulai mempercayai Coinbase sebagai tempat yang aman menyimpan BTC, BCH, ETH, ETC, danLTC.

Bagaimana cara menggunakan Coinbase agar bisa digunakan sesuai kebutuhan sehari-hari? Berikut beberapa langkah untuk mempermudah penyimpanan aset digital bagi pemula.

1. Daftar Akun Coinbase

Pendaftaran pengguna baru tidak dikenakan biaya sama sekali, atau gratis. Siapapun bisa saja mendaftar dan menggunakannya dimana saja. Pastikan Anda menggunakan Email yang valid dan mengamankannya dengan Authenticator. Masalah keamanan sangat penting, yang Anda simpan bukan seperti email biasa, melainkan aset berharga. Pendaftaran langsung melalui website: Coinbase.

2. Cara Verifikasi Coinbase

Setelah mendaftar, lakukan verifikasi akun dari menu Setting. Cara verifikasi Coinbase, kirimkan foto identitas seperti yang diminta. Pilih salah satu foto identitas KTP/SIM/Paspor, tanpa di edit atau langsung dari kamera ponsel Anda. Kemudian, pastikan memasukkan nomor ponsel yang aktif sebagai bagian dari verifikasi akun. Akun coinbase akan segera di verifikasi selama beberapa hari.

3. Aktifkan PIN App Coinbase

Menu yang satu ini jarang sekali digunakan, kebanyakan pengguna menganggapnya tidak penting. Jika orang lain tahu PIN ponsel Anda dan membuka app Coinbase, bukan tidak mungkin dia memindahkan saldo Anda. Untuk itulah perlu dibuat PIN membuka app Coinbase yang berbeda dengan PIN smartphone Anda.

4. Cara Deposit Coinbase

Untuk menerima transfer koin dari wallet lain ada 2 cara. Yang pertama, untuk sesama pengguna Coinbase maka cukup berikan akun Email yang Anda daftarkan. Metode ini akan langsng masuk seketika dan pengirim tidak dikenakan biaya transaksi. Metode ini paling banyak digunakan, mengingat pengguna Coinbase jumlahnya sangat banyak diseluruh dunia.

Baca juga: Aplikasi Portofolio Cryptocurrency Bitcoin, Altcoin Token

Cara kedua dengan memberikan alamat wallet Coinbase Anda. Pada app mobile, buka menu ‘Accounts’ maka akan terlihat koin apa saja yang terlisting di Coinbase. Pilih salah satunya, pada bagian atas akan terlihat dua simbol berbeda. Simbol barcode digunakan untuk menerima cryptocurrency dan akan menampilkan barcode alamat wallet Anda.

Berikan alamat wallet ini kepada pengirim dengan cara scanning barcode jika transaksi langsung ditempat. Atau secara manual dengan press ‘Copy Address’ dan paste ke tempat lain. Misalnya paste ke kolom chatting WA atau kolom SMS.

5. Cara Transfer Coinbase Ke Wallet Lain

Untuk mengirimkan, withdraw atau cara mencairkan Coinbase, pilih menu pada bagian atas dengan logo mirip dengan panah. Masukkan jumlah yang akan di transfer, kemudian press ‘Continue’. Setelah itu akan muncul kolom penerima, masukkan alamat Email (untuk sesama pengguna Coinbase) atau ketik alamat wallet lain, misalnya wallet Indodax.

Baca juga: Cara Menggunakan BitPay, Register, Deposit Dan Pembayaran Online

Jika tersedia barcode akan jauh lebih mudah, cukup pilih tanda barcode pada bagian akhir kolom, dan scaning barcode wallet yang dituju. Untuk mencairkan Coinbase menjadi mata uang rupiah, rata-rata pengguna di Indonesia mengirimkannya ke wallet Indodax. Dan kemudian menjualnya dengan pedagang lain di platform ini, dan bisa diterima langsung ke rekening Bank.

Baca juga: Aplikasi Signal Bitcoin Dan Altcoin Gratis Paling Mudah

Nah, cara menggunakan Coinbase diatas sangat mudah digunakan untuk pemula, apalagi untuk berburu bitcoin gratis. Rata-rata pengguna di Indonesia menggunakan Coinbase untuk menerima dan mengirim cryptocurrency. Karena antar pengguna tanpa dikenakan biaya transaksi dan langsung diterima dalam hitungan detik. Sementara untuk menjual dan membeli aset di Coinbase belum tersedia di Indonesia.