Sabtu , November 17 2018
Home / Aplikasi / Cara Menggunakan BitPay, Register, Deposit Dan Pembayaran Online
Cara Menggunakan BitPay

Cara Menggunakan BitPay, Register, Deposit Dan Pembayaran Online

Transaksi online yang mencakup jaringan keseluruh dunia tentunya membutuhkan teknologi tepat. Sebelumnya, pengguna langsung mengirimkan pembayaran cryptocurrency dari wallet ke wallet kepada penjual ataupun merchant. Dengan munculnya bitpay, transaksi ke merchant jauh lebih aman dan mudah digunakan. Bagaimana cara menggunakan BitPay untuk transaksi internasional?

BitPay merupakan layanan pembayaran Bitcoin secara global dan bisa digunakan oleh siapapun untuk transaksi ke beberapa merchant. Aplikasi ini dikelola oleh perusahaan yang berkantor di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat sejak tahun 2011. Saat ini BitPay melayani pembayaran online dengan bitcoin (BTC) dan bitcoin cash (BCH). BitPay telah dikenal sebagai salah satu aplikasi pembayaran Bitcoin terbesar saat ini dan telah digunakan oleh ribuan pengguna dan merchant di seluruh dunia.

BitPay mengeluarkan kartu Visa sebagai alat untuk bertransaksi, selain itu juga tersedia app mobile untuk transaksi online. Bitpay juga bisa digunakan untuk bertransaksi di merchant yang bekerjasama dengan PayPal, baik online ataupun perorangan. Cara kerja BitPay dengan mengkonversi cryptocurrency menjadi mata uang fiat, jadi tergantung dengan nilai turak pada saat transaksi.

Baca juga: 3500 ATM Bitcoin Beroperasi Di Seluruh Dunia, Termasuk Bali

Keunggulan dari BitPay diantaranya bahwa transaksi tidak bisa dibatalkan dan mencegah pengeluaran ganda. Solusi ini dianggap sangat menjanjikan bagi merchant dan konsumen dengan nilai tukar fiat terjamin. Pembayaran diterima dalam waktu singkat, tersedia integrasi khusus ke website web E-commerce.

Cara Menggunakan BitPay

Tidak ada yang rumit dalam cara menggunakan bitpay. Cukup registrasi online ke official website BitPay, kemudian pilih ‘Get Bitcoin Wallet’ dan unduh app mobile yang tersedia. Untuk pembayaran online, BitPay menyediakan app Android dan iOS. Penting untuk mencetak atau mencatat key Phrase yang diberikan saat pertama kali mengaktifkan wallet bitcoin di app ini.

Jika kehilangan key phrase, maka tidak ada cara lain untuk mengembalikan wallet Anda. Karena website bitpay tidak menyimpannya, melainkan tersimpan langsung di perangkat Anda. Frase ini terdiri dari beberapa kata acak untuk setiap cryptocurrency. Jadi bitcoin dan bitcoin cash memiliki key yang tidak sama.

Bagaimana cara mengisi wallet BitPay? Pada bagian menu app BitPay tersedia ‘Receive’ yang bisa digunakan untuk menerima cryptocurrency. Menu ini bisa digunakan untuk transaksi langsung dengan pengguna lain dengan cara scaning barcode. Atau mengisi wallet dengan cara memasukkan alamat, sebaiknya copy paste untuk menghindari kesalahan mengetik.

Baca juga: WeChat Rilis Faktur Pajak Elektronik Berbasis Blockchain Pertama

Cara mengirim ataupun membayar merchant bisa langsung dengan scaning barcode yang muncul pada website E-commerce. App BitPay akan langsung memprosesnya sebagai pembayaran dengan memotong saldo Anda. Sesi harga ini biasanya muncul hanya dalam waktu beberapa menit dan nilai tukarnya sudah tepat dengan kurs saat itu. Jadi, pastikan lebih dahulu saldo Anda sebelum membayar.

BitPay juga menyediakan pembayaran secara manual melalui menu ‘Send’. Caranya dengan scaning barcode ataupun input langsung alamat wallet manual, sebaiknya copy/paste. Sama seperti wallet lain, transfer bitcoin dari sini juga harus memasukkan jumlah yang akan dikirim.

Sebagai catatan, jika key phrase Anda hilang. Buat personal wallet yang baru dan simpan frase, kemudian pindahkan seluruh asset ke alamat yang baru. Apabila app di instal ulang, cukup impor wallet dan masukkan frase yang telah disimpan sebelumnya. Sementara untuk BitPay card, saat ini hanya tersedia untuk wilayah Amerika Serikat.