Sabtu , November 17 2018
Home / Aplikasi / Cara Menggunakan Bitcoin Di Android, iOS, Untuk Jual Beli
Cara Menggunakan BitPay

Cara Menggunakan Bitcoin Di Android, iOS, Untuk Jual Beli

Transaksi online tampaknya akan terus berkembang, terlebih saat ini telah tersedia pertukaran cryptocurrency dengan barang. Menukar bitcoin dengan barang ataupun jassa bukanlah hal baru, metode ini telah digunakan sejak beberapa tahun terakhir. Bagi pemula yang masih belum memahami bagaimana cara menggunakan bitcoin di Android dan iOS, halaman ini menyertakan panduan singkat.

Mengapa harus disebut ‘menukar bitcoin dengan barang’ dan bukan disebut ‘membeli’? Cryptocurrency sampai saat ini masih belum diakui sebagai mata uang digital yang resmi. Umumnya dan yang paling mudah diterima publik, penyebutan menukar barang dengan barang. Dan di Indonesia, cryptocurrency termasuk komoditas, bukan uang digital.

Cara Menggunakan Bitcoin Di Android

Karena harganya sering turun naik, fundamental pasar bitcoin dianggap sebagian orang sangat mengkhawatirkan. Tetapi, bagi beberapa pelanggan dan outlet yang telah menerima penukaran barang dengan bitcoin tidak merasa khawatir. Karena aset yang diterima tetap bernilai mata uang fiat, yaitu dolar.

Baca juga: Token Airdrop Gratis Plus Shareholder 5 Bursa Kripto

Bagaimana bisa bitcoin langsung seketika bernilai dolar? Salah satu wallet sekaligus aplikasi yang menyediakan pembayaran atau penukaran bitcoin dengan barang adalah Bitpay. Setiap transaksi yang dihasilkan hanya berlaku dalam beberapa menit untuk mentransfer sejumlah bitcoin sebagai bukti pembayaran. Setelah diterima, bitcoin ini langsung ditukar menjadi dolar saat itu juga.

Jadi, tidak ada kekhawatiran bahwa harga turun atau naik bisa menyebabkan kerugian dalam tarnsaksi antara toko dan pelanggan. Toko yang menerima pembayaran bitcoin tetap menerima pembayaran berupa dolar dari Bitpay. Sementara pelanggan membayarnya dalam bentuk bitcoin atau cryptocurrency.

Baca juga: Investasi Bitcoin Tanpa Modal, Mudah Dan 100 Persen Gratis

Bagaimana cara menggunakan bitcoin di Android? Menggunakan aplikasi pembayaran dan menerima bitcoin di Android cukup mudah. Anda bisa mengunduh app Bitpay langsung dari Play Store. Daftar akun baru, kemudian catatn Key yang muncul saat pertama kali registrasi. Perlu diingat, key atau phrase jangan sampai hilang. Jika kehilangan, maka tidak ada jalan untuk mengembalikan (restore) akun Anda, apalagi sudah ada aset cryptocurrency didalamnya.

Setelah selesai, Anda bisa melakukan deposit ke wallet bitcoin (BTC) ataupun bitcoin cash (BCH). Alamat atau address bisa dilihat di wallet masing-masing. Untuk melakukan pembayaran, cukup scaning barcode yang muncul saat transaksi pembelian/penukaran dengan barang. Secara otomatis, app Bitpay akan menyesuaikan nilai transaksi yang ditagihkan kepada Anda.

Baca juga: Mining Bitcoin Gratis Tanpa Deposit Dari Exchange Terkemuka

Nah, cara menggunakan bitcoin di Android dan iOS untuk transaksi jual beli sangat mudah bukan? Bitpay telah digunakan oleh ribuan pengguna dari seluruh dunia, dan bisa mengeluarkan kartu Visa sebagai pembayaran.