Sabtu , November 17 2018
Home / Mining / Cara Menambang Bitcoin Untuk Pemula Dengan GPU
cara menambang bitcoin untuk pemula

Cara Menambang Bitcoin Untuk Pemula Dengan GPU

Sejak tahun lalu, Bitcoin booming hingga menggiurkan berbagai kalangan untuk menambang kripto ini. Akhir tahun 2017 merupakan tahun dimana Bitcoin mencapai nilai tertinggi sepanjang ketenarannya. Walaupun berbagai praktisi memperkirakan, harga bitcoin bisa lebih tinggi dari tahun lalu. Lalu, bagaimana cara menambang bitcoin untuk pemula yang baru saja terjun kedunia penambangan kripto?

Hidup didunia kripto membutuhkan kesabaran dan harus tahan banting. Karena harga cryptocurrency saat ini sering mengalami perubahan harga mendadak. Hal ini disebabkan karena beberapa alasan, terutama menyangkut regulasi pemerintah setempat. Tetapi penambang kripto masih tetap menguntungkan walaupun harga sekarang turunnya ngga pakai ‘perasaan’. Sebelum menambang, pastinya Anda juga sudah tahu kan, apa itu Bitcoin?

Menambang dalam artikel ini diartikan memang ‘benar-benar’ menambang dengan perangkat komputer. Bukan dengan mengisi chaptcha yang hanya mendapatkan koin yang sedikit. Yang seperti ini bukan termasuk menambang, melainkan reward yang dibagi penghasilan pemilik website. Bisa saja kita tidak dibayar setelah mencapai nilai tertentu.

Cara Menambang Bitcoin Untuk Pemula

Ada dua cara menambang bitcoin untuk pemula yang mudah dilakukan. Yang pertama, dengan cara menyewa cloud mining dari penyedia jasa yang terpercaya. Hati-hati jika Anda tidak mengetahui penyedia yang asli berbadan usaha, atau terjebak di website penipuan. Untuk cloud mining yang terpercaya bisa mendaftar disini: Minergate.

Cara kedua, dengan mempersiapkan perangkat penambangan berupa satu unit GPU lengkap dengan kartu grafis spec tinggi. Beberapa kartu grafis spesifikasi minimal yang bisa digunakan untuk menambang bitcoin adalah sebagai berikut:

  1. Nvidia GTX 1080 Ti. Spesifikasi: Core Clock 1,480MHz. Memory 11GB GDDR5X, Power 250W, hash rate of 32 mh/s.
  2. Nvidia GeForce GTX 1070. Spesifikasi: Core Clock 1,506MHz. Memory 8GB GDDR5, Power 150W. Hash rate yang dikeluarkan 30 mh/s.
  3. AMD Radeon RX580. Spesifikasi: Core Clock 1,257MHz. Memory 8GB GDDR5, Power 185W. Hash rate 29 mh/s.

Untuk pertama kali, buat sebuah rig CPU dilengkapi karut grafis. Pilih salah satu VGA diatas dan minimal 3 kartu grafis dalam satu CPU sekaligus. Mengapa harus 3 VGA? Tingkat kesulitan penambangan bitcoin saat ini melonjak drastis. Tidak seperti dulu yang hanya menggunakan satu VGA bisa mendapatkan bitcoin. Bahkan bisa saja tahun depan minimal 5 VGA jika tingkat kesulitan terus naik. Perakitan rig ini sama seperti merakit CPU yang digunakan untuk Gamers.

Setelah rig GPU selesai, selanjutnya bergabung ke pool penambangan. Pool untuk mining bisa bergabung di slushpool. Selanjutnya download GUIMiner, software dengan tampilan grafis untuk menambang Bitcoin. Software ini mendukung kartu grafis AMD dan NVIDIA, serta penambangan CPU. Untuk setting pool bisa dilihat pada halaman ‘Getting Started – Bitcoin’ di slushpool. Isikan URL, userID dan password sesuai akun yang telah dibuat.

Baca juga: Cara Mining Bitcoin, Altcoin, Paling Mudah Dan Cepat

Naah, sekarang Anda sudah menambang. Cara menambang bitcoin untuk pemula cukup mudah kan? Perhatikan dan hitung koin yang diperoleh. Apakah sesuai dengan investasi yang dikeluarkan. Termasuk biaya pembelian perangkat dan listrik. Jika tidak menguntungkan, ganti pool untuk menambang Altcoin yang jauh lebih menguntungkan. Karena sebenarnya saat ini penambangan bitcoin bisa menguntungkan hanya dengan menggunakan perangkat ASIC.

Baca juga: Cara Menambang Monero Dengan GPU Dan CPU