Sabtu , November 17 2018
Home / Mining / Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop, PC Biasa Yang Benar
Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop

Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop, PC Biasa Yang Benar

Bagi pemula yang ingin merasakan sensasi menambang cryptocurrency, mungkin bisa memanfaatkan laptop dan komputer PC biasa. Menambang bukanlah hal yang mudah, dalam praktiknya membutuhkan biaya yang relatif besar. Bagaimana cara menambang bitcoin dengan laptop dan PC biasa? Apakah memungkinkan menggunakan perangkat sederhana ini?

Pada awal munculnya bitcoin, menambang bisa dilakukan dengan PC biasa. Komputer ini melakukan pekerjaan sederhana yang memecahkan teka-teki matematika untuk menghasilkan bitcoin. Kemudian bitcoin mulai dikenal dan mengundang ribuan penambang, sehingga tingkat kesulitan semakin tinggi.

Tingkat kesulitan inilah yang membuat bitcoin tidak mungkin lagi ditambang dengan komputer biasa. Semua penambang baru telah menggunakan hardware terbaru yang jauh lebih cepat. Jika kita menggunakan laptop, tentunya menambang bitcoin hanya akan membuang energi listrik. Lalu, bagaimana cara menambang bitcoin dengan laptop agar menghasilkan biaya yang sesuai?

Baca juga: Pengertian Cryptocurrency Menurut Para Ahli

Saat ini, penambangan cryptocurrency yang memungkinkan ditambang dengan laptop dan PC biasa adalah koin cryptonote. Salah satu koin cryptonote yang terkenal dan berharga tinggi adalah Monero (XMR). Cryptonote sangat memungkinkan ditambang dengan laptop, PC biasa, dan smartphone.

Cara Menambang Bitcoin Dengan Laptop

Ada beberapa jenis koin cryptonote selain Monero (XMR) yang saat ini beredar di pasar kripto. Diantaranya yang terkenal adalah Bytecoin (BCN), Digital Note (XDN), dan Electroneum (ETN). Kita bisa memanfaatkan laptop untuk menambang koin-koin ini, kemudian menukarnya menjadi bitcoin di bursa cryptocurrency.

Adapun cara menambang bitcoin dengan laptop dan PC biasa dengan mengkonversi koin cryptonote sebagai berikut:

  1. Untuk menambang cryptocurrency, Anda harus registrasi terlebih dahulu kedalam sebuah pool mining. Registrasi gratis ke: Minergate.
  2. Setelah selesai registrasi, unduh software mining dari menu Download. Sesuaikan dengan sistem operasi yang Anda gunakan.
  3. Gunakan username dan password yang telah diregistrasi sebelumnya. Software ini akan menyarankan koin apa yang sangat menguntungkan ditambang dengan perangkat Anda. Jalankan penambangan dari menu Smart Miner.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin Paling Mudah Dan Cepat?

Penambangan cryptocurrency memang membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan untuk menambang bitcoin dengan modal 30 juta rupiah, diperkirakan bisa balik modal sekita 10 bulan. Jadi, jika laptop Anda seharga 4 juta rupiah, maka dalam setahun lebih akan menghasilkan koin Monero senilai 4 juta rupiah. Setidaknya, Anda bisa membeli laptop baru tanpa harus menggunakan dana pribadi.

Untung Rugi Menambang Cryptocurrency

Semua kalkulasi cryptocurrency pada dasarnya sama, sebanding dengan harga perangkat yang digunakan. Perkiraan akan menghasilkan setelah melewati 8-12 bulan kedepan. Jadi, tidak ada penambangan yang langsung membuat harga koin berlipat ganda. Jika ingin harganya mahal, simpan koin selama 1 tahun lebih maka harganya bisa saja 2 kali lipat.

Sebagai saran untuk penambang laptop dan PC biasa, sebaiknya tetap menambang Monero (XMR). Tetap fokus menambang koin ini, jangan berganti-ganti. Memang sangat lama dan butuh kesabaran, semua penambangan seperti itu. Karena koin ini paling cepat naik harga dan paling mudah dijual. Anda bisa menggunakan kalkulator penambangan yang tersedia di menu website Minergate.

Agar tidak rugi dalam hal tagihan listrik, cukup gunakan software mining ketikan Anda sedang bekerja. Misalnya mengetik, browsing, maka resource yang tidak terpakai akan digunakan untuk penambangan. Cukup gunakan setengah dari jumlah core yang Anda dimiliki agar komputer tidak panas. Dengan cara ini, listrik yang digunakan tidak sia-sia, dengan kata lain bekerja sambil menambang. Kalau sudah selesai matikan saja, karena jumlah koin akan tersimpan otomatis dan akan disambung ketika Anda melanjutkan penambangan.

Bagaimana jika komputer tetap dihidupkan untuk aktifitas penambangan? Bisa saja, tetapi secara perhitungan maka Anda rugi dibeban listrik. Aktifitas penambangan secara terus menerus bisa dilakukan jika komputer Anda memiliki minimal 3 kartu grafis 8GB. Ini adalah nilai terkecil saat ini dan bisa menutupi biaya operasional, terutama beban listrik. Kalau tidak punya, cukup gunakan trik diatas, aktifkan penambangan ketika sedang browsing, bekerja ataupun mengetik.

Secara perhitungan, menambang dengan PC biasa ataupun Laptop bisa menghasilkan dalam waktu 1-2 tahun kedepan. Dengan kata lain, hasilnya bisa digunakan untuk pembelian PC atau laptop baru dengan spesifikasi yang sama. Jadi, tidak benar jika ada yang mengatakan menambang dengan laptop bisa membuat kaya raya. Secara logika, investasi yang ditanamkan akan sebanding dengan hasil yang diperoleh dalam waktu 1-2 tahun. Anggap saja Anda membeli laptop gratis setiap 2 tahun sekali. Bagi yang berminat, bisa langsung mendaftar di penambangan Minergate.

Baca juga: Bitcoin Exchange Indonesia Terpercaya

Nah, begini lah seharusnya cara menambang bitcoin dengan laptop yang benar. Bukan menambang bitcoin yang sudah sangat tinggi persaingan dan tingkat kesulitannya. Mengkonversi koin lain menjadi botcoin di bursa kripto jauh lebih menguntungkan.