Sabtu , November 17 2018
Home / Investasi / Cara Memilih Broker Saham, Sekuritas Atau Pialang Terbaik
Cara Memilih Broker Saham

Cara Memilih Broker Saham, Sekuritas Atau Pialang Terbaik

Sebagai trader pemula, tentunya ingin mendapatkan layanan dan petunjuk terbaik sebelum membeli saham. Untuk itulah perlu mencermati, perusahaan pialang mana yang sesuai dan memberikan layanan terbaik untuk kita. Bagaimana cara memilih broker saham, perusahaan sekuritas atau pialang?

Broker saham bertujuan untuk melayani kebutuhan individu, sehingga perannya sangat penting bagi investor. Kondisi ini akan tampak jelas ketika sedang dalam perdagangan yang membutuhkan penelitian. Apakah broker, sekuritas ataupun pialang yang Anda pilih telah menyiapkan seluruh data? Semua saham yang akan dibeli sebaiknya diteliti lebih dahulu, karena ini merupakan aset yang berharga.

Kesalahan dalam memilih saham tidak terlepas dari investor yang tidak menganalisa sebelumnya. Begitupun broker juga masih ada yang tidak menyediakan analisa, atau rekomendasi kepada investornya. Sehingga pemula banyak yang menganalisa sendiri, dan hasilnya seperti bermain tebak-tebakan.

Baca juga: Apa Itu Capital Gain Dan Capital Loss?

Cara Memilih Broker Saham

Bagaimana cara memilih broker saham, sekuritas ataupun pialang sesuai kebutuhan Anda? Cermati beberapa poin penting berikut sebagai landasan untuk memilih yang terbaik:

  1. Yang paling utama dalam cara memilih broker saham, perusahaan tercatat sebagai Anggota BEI, listing bisa dilihat di website Bursa Efek Indonesia.
  2. Komisi Trading sangat berpengaruh dalam perdagangan saham. Walaupun nilainya rata-rata kecil, tetapi untuk perdagangan setiap hari sangat menentukan. Pastikan biaya tidak berubah, baik melalui pesanan, jenis, ukuran, dan harga saham. Perhatikan juga biaya lain yang terkadang muncul diluar biaya komisi.
  3. Customer Service saat ini jarang digunakan karena sudah tersedia aplikasi online. Tetapi jangan dianggap bahwa layanan pelanggan tidak diperlukan. Bagaimana jika suatu hari jaringan Anda terputus, perangkat Anda rusak, sehingga tidak bisa menutup perdagangan pada saat itu?
  4. Trading Tools atau peralatan yang membantu perdagangan sangat membantu investor untuk memilih saham terbaik. Investor yang sukses tidak terlepas dari tools yang disediakan oleh pialang. Tentunya semua tools ini disediakan secara real-time sehingga mempermudah pengguna. Termasuk riset pasar, opsi investasi yang menawarkan reksa dana, ETF, dan kompleks. Tools ini juga menyediakan fitur stop loss, untuk membantu mengurangi kerugian besar.
  5. Keamanan Akun Online juga menjadi pertimbangan. Tidak semua investor memahami akses ke platform yang aman. Sebagian besar pialang kini menggunakan akses website SSL, pada browser akan terlihat ‘secure’ dengan logo gembok. Awal situs ini dimulai dari https dan menawarkan otentikasi sebagai perlindungan berlapis.
  6. Kecepatan Eksekusi, Loading List Saham, tentu didukung dengan jaringan yang handal. Bagaiman jika akses Anda sudah mapan, tetapi masih tampak lambat? Ada banyak faktor yang menyebabkan apalikasi lambat, jadi sebaiknya konsultasi kepada broker yang Anda pilih.

Baca juga: Jenis Saham Menurut Para Ahli Secara Umum

Kecepatan eksekusi dan loading list menjadi hal penting dalam jual beli saham, terlebih bagi trader harian. Di kalangan trader besar, menghemat 1 rupiah menjadi hal yang sangat berharga. Berbeda dengan investor yang hanya membeli 100 lembar saham, tentunya akses lambat tidak begitu berpengaruh. Keenam langkah cara memilih broker saham diatas bisa dijadikan panduan untuk menentukan ratusan pialang.