Kamis , November 15 2018
Home / Aplikasi / Cara Membuat Bot Trading Bitcoin, Instalasi Gekko Gratis
Bot Trading, Cara Membuat Bot Trading Bitcoin

Cara Membuat Bot Trading Bitcoin, Instalasi Gekko Gratis

Banyak orang yang ingin trading tetapi tidak memiliki banyak waktu disebabkan kesibukan sehari-hari. Beberapa orang justru memilih untuk berlangganan trading otomatis dengan harga yang tinggi. Tetapi ada cara membuat bot trading bitcoin dari script open source yang bebas digunakan siapa saja. Cukup siapkan satu unit laptop yang akan dijadikan asisten robot pribadi Anda.

Trading akan menyita banyak waktu luang, jadi tidak heran jika banyak orang yang berdagang di malam hari diluar aktifitas mereka. Tetapi waktu luang tidak cukup, karena pekerjaan sambilan justru berpeluang membuat kerugian. Ditambah aktifitas dunia nyata terganggu, tidak konsentrasi, karena market tiba-tiba saja turun drastis. Untuk mengatasinya, siapkan asisten pribadi, robot yang akan menuruti seluruh perintah Anda.

Cara Membuat Bot Trading Gekko

Robot telah direncanakan sejak awal kebangkitan komputer untuk menggantikan tugas manusia. Tidak terlepas dari perdagangan, baik forex, saham, dan cryptocurrency. Robot trading sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki rutinitas penuh didunia nyata. Terlebih tidak begitu familiar menggunakan software robot atau bot trading.

Adapun cara membuat robot trading cryptocurrency sangat mudah. Berikut panduan cara membuat bot trading bitcoin gratis dari software open source.

1. Siapakan 1 Unit Komputer Atau Laptop

Perangkat yang harus disediakan adalah satu unit komputer biasa atau laptop, yang penting tidak menguras daya listrik yang besar. Kemudian pastikan jaringan internet Anda berjalan lancar tanpa gangguan. Untuk mempermudah gunakan sistem operasi windows, minimal windows 7.

2. Unduh Software Open Source

Gekko adalah robot trading Teknikal Analisis (TA) bitcoin dan altcoin gratis dan open source. Platform ini langsung terhubung ke bursa cryptocurrency, termasuk Indodax. Program ini ditulis dalam javascript dan berjalan di Nodejs. Gekko bisa digunakan untuk strategi trading, ataupun digunakan untuk tugas berikut ini:

  • Gekko digunakan untuk simulasi strategi yang merujuk pada periode data historis, disebut Backtest. TA ini akan memberi tahu apa yang akan terjadi selama kurun waktu yang ditentukan, termasuk resiko dan keuntungan.
  • Gekko bisa menjalankan strategi simulasi perdagangan realtime, atau Paper Trader. TA ini berfungsi untuk melihat seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh.
  • Yang terakhir adalah Tradebot atau robot trading, berguna untuk menjalankan strategi secara realtime dan secara otomatis. Pilihan ini dijalankan ketika simulasi TA yang Anda buat benar-benar menghasilkan profit.

Baca juga: Robot Trading Bitcoin Gratis, Aplikasi Open Source

Semua mode tersebut bisa dijalankan dengan antarmuka yang ringan, menampilkan grafik dan statistik kinerja/risiko. Bahkan trader pemula bisa dengan mudah menggunakan platform ini.

3. Instalasi Gekko Bot Trading

Cara membuat bot trading bitcoin dengan Gekko berjalan di Nodejs. Unduh dan instal Nodejs terlebih dahulu, pilih versi Nodejs LTS (Long Term Support). Setelah instalasi berhasil, rebot komputer Anda, kemudian instal software Gekko. Unduh script ini di repo Github, klik tombol Clone or Download pada bagian kanan atas, pilih ‘Download Zip’. Ekstrak file zip dan instal dengan cara berikut ini:

Buka menu Start windows, ketik cmd.exe dari menu search. Tampilan command prompt akan muncul, dari sini dimulai instalasinya. Buka folder Gekko yang telah diekstrak, isikan baris perintah berikut:

cd Downloads
cd gekko-stable
npm install –only=production

Untuk menambah instalasi dependensi broker, masuk kedalam folder exchange:

cd exchange
npm install –only=production

Untuk menambah kode Tulip Indicator, pastikan sudah menambahkan VC++ 2015 build tool di Windows. Instalasi dengan baris perintah berikut:

npm install windows-build-tools –global –production
npm install tulind –only=production

4. Gekko Live Command

Setelah instalasi selesai dan Gekko berhasil dijalankan, maka Anda bisa langsung menggunakan software ini untuk Paper Trader dan Backtest. Tetapi belum bisa diaktifkan untuk Live trading command prompt. Edit terlebih dahulu script config, ubah baris kode berikut:

config.watch = {
exchange: ‘binance‘,
currency: ‘BTC‘,
asset: ‘ETH’,

config.trader = {
enabled: true,
key: ‘masukkan KEY‘,
secret: ‘masukkan SECRET KEY‘,

config [‘I understand that Gekko only automates MY OWN trading strategies’] = true;

File config ini bisa diduplikasi, contoh diatas copy dan rename menjadi file config-btc-eth. Setiap duplikasi bisa disesuaikan, cukup ubah currency dan aset pada baris config.watch dan beri nama file masing-masing. Untuk menjalankan bot trading dari command prompt, masuk ke folder Gekko dan ketik perintah berikut:

node gekko –config config-btc-eth.js

Konfigurasi lainnya bisa disesuaikan, tetapi jalankan Backtest terlebih dahulu melalui tampilan GUI. Kemudian ubah nilai baris yang terdapat config.tradingAdvisor sesuai TA yang dipilih.

Baca juga: 11 Cryptocurrency Yang Menjanjikan Dijamin Dolar Dan Emas

5. Gekko Live GUI

Untuk tampilan antarmuka grafis atau GUI, jalankan Gekko dengan perintah berikut dari command prompt. Sebelumnya, arahkan perintah membuka folder gekko:

cd Downloads
cd gekko-stable
node gekko –ui

Tampilan grafis ini diakses melalui browser setelah Gekko dijalankan dari command prompt. Buka Forefox atau Chrome browser, akses halaman Gekko di http://localhost:3000. Untuk menghentikan software ini, cukup tekan tombol CTRL+C pada jendela command prompt.

Baca juga: Cara Memprediksi Pergerakan Pasar Bitcoin Dan Saham

Nah, cara membuat bot trading bitcoin gratis diatas cukup mudah untuk pemula. Anda bisa bereksperimen TA sendiri dari software ini, kemudian jalankan bot trading. Ada banyak kode analisis trading yang bisa ditemukan di Github, yang terpenting komputer Anda tetap online 24 jam.