Sabtu , November 17 2018
Home / Kripto / Cara Investasi Cryptocurrency Paling Mudah Dan Aman
Cara Investasi Cryptocurrency

Cara Investasi Cryptocurrency Paling Mudah Dan Aman

Mata uang digital kripto atau cryptocurrency saat ini dilirik banyak orang sebagai salah satu aset investasi. Walaupun ditahun 2018 nilai tukar kripto sangat fundamental, tetapi tidak menyurutkan pasar untuk tetap menimpan aset digital kripto. Pemula mungkin masih bingung, bagaimana cara investasi cryptocurrency yang aman dan terpercaya. Beberapa tips berikut ini bisa dijadikan panduan untuk memulainya.

Cryptocurrency bitcoin awalnya tidak dianggap berharga, bahkan diawal penciptaannya koin ini dibagikan secara gratis oleh komunitas kripto. Bitcoin juga sempat dilelang 10,000 BTC seharga 50 dolar AS dan tak satupun yang mau membelinya. Tetapi 8 tahun kemudian, bitcoin mencapai harga rata-rata diatas 90 juta rupiah per 1 BTC.

Bagi pemula yang masih mempelajari bagaimana cara investasi cryptocurrency, sebaiknya pahami dulu istilah yang sering digunakan. Bisa dimulai dengan membaca beberapa artikel berikut: Pengertian Cryptocurrency Menurut Para Ahli, dan Apa itu Blockchain.

Pemahaman tentag mata uang kripto sangat penting, sehingga kita bisa menilai koin mana saja yang seharusnya dijadikan aset investasi. Kebanyakan orang tidak mengetahui perbedaan bitcoin dan altcoin, keduanya berbeda harga dan cara memperolehnya. Hanya ada satu cryptocurrency yang disebut Bitcoin dengan simbol BTC. Dan selebihnya disebut altcoin (alternative coin) yang kini jumlahnya ratusan kripto.

Koin apa saja yang paling berharga dan paling menjanjikan untuk dijadikan investasi? Beberapa pengamat menilai bahwa koin yang paling menjanjikan dimasa depan adalah Bitcoin (BTC), diikuti oleh 4 altcoin yaitu Bitcoin Cash (BCH), Ether (ETH), Ethereum Classsic (ETC), dan Litecoin (LTC). Begitupun ada pula beberapa koin baru yang dianggap berharga, yaitu EOS dan dan Cardano (ADA).

Bagaimana Cara Investasi Cryptocurrency?

Langkah pertama agar bisa berinvestasi dengan aman, Anda harus mempunyai wallet untuk penyimpanan koin kripto. Daftar sebuah akun wallet di bursa cryptocurrency terpercaya, salah satunya adalah Indodax yang resmi di Indonesia. Disini Anda bisa membeli dan menjual cryptocurrency dengan mata uang rupiah, pencairan langsung ke rekening bank lokal.

Pendaftaran akun baru tidak dikenakan biaya atau gratis. Perlu diperhatikan, Anda harus mempunyai Email yang masih aktif, nomor ponsel yang bisa dihubungi, identitas yang masih valid (KTP/SIM/Passpor), dan foto terbaru. Data ini wajib karena sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, semua kegiatan finansial diawasi dengan ketat. Jika tidak, maka pencairan dana akan ditangguhkan hingga memenuhi prosedur.

Baca juga: Cara Menggunakan BitPay, Register, Deposit Dan Pembayaran Online

Setelah akun Anda disetujui (seluruh data telah dilampirkan), maka akun bisa digunakan untuk membeli dan menjual cryptocurrency. Ada banyak pilihan investasi, termasuk Bitcoin (BTC) dan puluhan altcoin. Beli salah satu cryptocurrency ketika harga murah, kemudian simpan dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya pedagang akan menjualnya ketika harga tinggi. Ada pula yang mnyimpannya selama beberapa bulan, dimana setiap bulannya mereka membeli sedikit demi sedikit seperti menabung. Menyimpan bitcoin dalam jangka waktu yang lama (long investment) jauh lebih aman. Contohnya 3 tahun lalu, harga bitcoin hanya mencapai belasan juta, tetapi sekarang sudah puluhan juta.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin Paling Mudah Dan Cepat?

Deposit mata uang rupiah bisa dilakukan dari ATM, transfer Bank, bahkan bisa deposit melalui Indomaret dan Alfamart. Tergantung pilihan Anda bagaimana cara deposit yang paling mudah. Dan untuk pencairan dana bitcoin, seluruh uang cash akan langsung masuk ke rekening bank sesuai dengan nama yang tertera di identitas. Jadi, sewaktu mendaftar jangan gunakan nama palsu karena akan mengalami kesulitan nantinya.

Pembelian minimum bitcoin juga murah, bisa dimulai dari 100 ribu rupiah. Jadi, cara investasi cryptocurrency tidak mahal dan siapapun bisa ikut berpartisipasi kedalamnya. Bagi yang berminat, siapkan akun Email, nomor ponsel, kartu identitas asli (KTP/SIM/Passpor) dan nomor rekening dengan nama sesuai identitas. Setelah semuanya lengkap, langsung mendaftar gratis di website ini: Indodax.

Baca juga: Situs Mining Bitcoin Gratis Terpercaya Untuk Ponsel dan PC