Kamis , November 15 2018
Home / Mining / Bitmain Rilis Patch Overt AsicBoost Untuk Menghemat Biaya Mining
Bitmain Rilis Patch Overt AsicBoost

Bitmain Rilis Patch Overt AsicBoost Untuk Menghemat Biaya Mining

Bitmain baru saja mengumumkan bahwa mereka merilis update firmware yang bisa mengaktifkan Overt AsicBoost. Tujuan Bitmain rilis patch Overt AsicBoost merupakan bagian dari peningkatan fungsi hardware. Diperkirakan patch ini bisa menghemat biaya opersional perangkat Antminer S9 secara signifikan. Terlebih jika dibandingkan dengan penambangan tradisional dan kontroversial.

Braiins OS merupakan sistem penambangan ASIC open source yang diluncurkan pada bulan September. Sebuah patch yang dirilis Bitmain terungkap beberapa hari setelah kelompok pengembang Braiins mengoperasikan Slush Pool. Menurut mereka, pool ini telah memverifikasi bahwa perangkat keras Antminer S9 produksi Bitmain mampu mendukung overt AsicBoost. Mereka menyatakan akan mengintegrasikan AsicBoost kedalam pembaruan firmware mendatang untuk Braiins OS.

Bitmain Rilis Patch Overt AsicBoost

AsicBoost diciptakan oleh Timo Hanke dan bekerja sama dengan Sergio Lerner. Sistem ini berguna untuk mengurangi kinerja yang harus dilakukan penambang SHA256 untuk menghasilkan hash. Hak paten AsicBoost kemudian dijual ke sebuah perusahaan bernama Little Dragon Technology. Pada bulan Maret, perusahaan membuat AsicBoost melalui framework Blockchain Defensive Patent License (BDPL) untuk mencegah agresi paten dan melindungi kepentingan Bitcoin.

Baca juga: Biaya Transaksi Monero Turun Setelah Hard Fork Bulletproofs

AsicBoost memberikan insentif kepada penambang untuk menghasilkan blok kecil atau kosong. Juga bermanfaat karena tidak memberi insentif kepada penambang untuk menghasilkan blok kosong. Dan sulit untuk mengidentifikasi penambang mana yang menggunakan overt AsicBoost.

Baca juga: Hardfork Ethereum Constantinople Ditunda Hingga Awal 2019

Menurut informasi, aktivasi AsicBoost setelah SegWit Bitcoin tahun 2017 justru membuatnya jauh lebih sulit digunakan. Beberapa orang menuduh Bitmain menggunakan AsicBoost sebelum hardfork, tetapi dibatah keras oleh produsen. Dan menurut informasi Bitmain, bahwa keputusan awalnya untuk memblokir AsicBoost sebagai hasil dari kontroversi ketidakpastian hukum.

Baca juga: Hardware Mining Asal China Terkena Sanksi Perdagangan AS

Menurut pengembang Braiins OS, Bitmain rilis patch Overt AsicBoost akan berdampak pada penghematan energi sebesar 13 persen. Efek ini akan dirasakan pengguna Antminer S9 sehingga bisa membantu penambang secara kompetitif. Bitmain juga akan merilis firmware yang sama untuk model berbasis BM1387 lainnya. Yaitu Antminer R4, S9i, S9j, T9, dan T9+. Pembaharuan ini akan meningkatkan efektivitas beberapa model Antminer dan untuk mendukung kinerja jaringan yang kuat dalam jangka panjang.