Sabtu , November 17 2018
Home / Investasi / Bitcoin Investment Trust (GBTC), Alternatif ETF Bitcoin
Bitcoin Investment Trust (GBTC)

Bitcoin Investment Trust (GBTC), Alternatif ETF Bitcoin

Kegagalan bitcoin diterima masuk kedalam Exchange Traded Fund bukan menjadi penghalang komunitas kripto. Ada sebuah pilihan memperdagangkan bitcoin kedalam indeks, yaitu Bitcoin Investment Trust (GBTC). Simbol ticker GBTC saat ini merupakan satu-satunya saham bitcoin yang diperdagangkan secara publik. Apakah GBTC merupakan alternatif ETF Bitcoin, yang sampai hari ini masih tidak disetujui?

Saham GBTC dianggap menguntungkan oleh sebagian investor. Saham ini biasanya diperdagangkan sebagai aset untuk nilai pasar jaringan bitcoin. GBTC merupakan satu-satunya alternatif perdagangan bitcoin aktif sebagai opsi investasi. Grayscale Bitcoin Investment Trust dimiliki oleh DCG, perusahaan yang mengakuisisi situs berita CoinDesk pada tahun 2016.

Bitcoin Investment Trust memang masih baru, dimulai tahun 2018 ini dan satu-satunya pilihan bagi investor yang ingin membeli bitcoin di pasar saham. GBTC digunakan sebagai simbol ticker untuk Bitcoin Investment Trust. Saham ini dijalankan oleh perusahaan Grayscale yang memegang 175,984,800 lembar saham, dimana per lembarnya bernilai 0,00100721 ​​Bitcoin (Februari 2018). Jadi, total bitcoin yang ada dalam GBTC sebenarnya hanya 175,000 BTC tidak lebih dan tidak kurang.

Bitcoin Investment Trust (GBTC)

GBTC merupakan dana yang dikelola dan dapat diperdagangkan. Dikelola dengan portofolio, dana investor langsung dimasukkan kedalam harga bitcoin. Ini menyebabkan valuasi saham meningkat seiring meningkatnya aset portofolio. GBTC berbeda dengan investasi lain yang tampak mirip dengan ETF, membatasi investor, dan umumnya diundang dengan nilai investasi minimum.

Baca juga: Coinbase Berencana Luncurkan ETF Bitcoin, Produk Baru Kripto

Sementara saham GBTC terbuka untuk umum, tidak ada persyaratan investor untuk bergabung. Tetapi calon investor harus mencari broker yang menjual saham tersebut. GBTC dianggap sebagai investasi yang bagus untuk investor biasa yang tidak ingin memperdagangkan cryptocurrency di bursa kripto, tetapi ingin trading Bitcoin. Beberapa alasan mengapa investor memilih GBTC, terutama ketika premi rendah atau ketika bitcoin sedang bullish. Disini, investor akan dikenakan premi disetiap pembelian saham GBTC.

Baca juga: Cara Memprediksi Pergerakan Pasar Bitcoin Dan Saham

Trust dalam GBTC dimaksudkan bahwa perusahaan memiliki jumlah aset bitcoin tetap. Investor kemudian membeli saham dari perusahaan ini, memiliki kontrak yang mewakili kepemilikan aset. Saham senilai 1 share sekitar 1/1000 Bitcoin, dan perusahaan Grayscale akan mengenakan biaya untuk setiap transaksi GBTC.

Baca juga: Binance Rekrut Kepala Keuangan, Isu Persiapan IPO?

Sampai hari ini, Bitcoin Investment Trust (GBTC) adalah satu-satunya saham yang ditawarkan di NASDAQ atau bursa saham publik Amerika Serikat yang memegang bitcoin sebagai aset utamanya. Sementara untuk penawaran diluar AS, beberapa investor membeli melalui aplikasi broker internasional. Jadi, GBTC merupakan satu-satunya pilihan investasi di Bitcoin tanpa harus membeli Bitcoin secara langsung.

Baca juga: 11 Cryptocurrency Yang Menjanjikan Dijamin Dolar Dan Emas

Bitcoin Investment Trust (GBTC) tampaknya telah berhasil menunjukkan pertumbuhan konsisten dengan rekor tertinggi. Volume perdagangan harian menunjukkan pertumbuhan, walaupun pada dasarnya volume menunjukkan lebih banyak volatilitas harga.