Senin , Desember 17 2018
Home / Mining / Bitcoin Cash Hardfork, Drama Baru Bitcoin ABC Dan Bitcoin SV
Proof of Burn, Bitcoin Cash hardfork

Bitcoin Cash Hardfork, Drama Baru Bitcoin ABC Dan Bitcoin SV

Minggu ini merupakan salah satu momen penting bagi pemegang Bitcoin Cash (BCH). Hari Kamis ini akan terjadi Bitcoin Cash hardfork yang menyebabkan kripto ini terbagi menjadi dua. Masing-masing akan menggunakan nama berbeda, dimana Bitcoin ABC menjalankan core asli Bitcoin Cash. Dan Bitcoin SV merupakan Satoshi Vision akan muncul sebagai koin baru dibulan ini.

Mengapa hardfork bitcoin cash bisa terjadi? Seperti halnya tahun lalu yang sebelumnya Bitcoin cash memisahkan diri dari Bitcoin (BTC). Hardfork BCH merupakan bentuk protes dimana pengembang dan penambang tidak menyetujui usulan yang diajukan. Padahal kedua misi kripto ini sebelumnya berjalan di blockchain yang sama. Entah drama apa yang mereka mainkan, tetapi menciptakan uang bagi mereka sangat mudah. Cukup dengan hardfork, maka mata uang digital baru sudah tercipta.

Bitcoin Cash Hardfork

Bitcoin SV akan muncul sebagai pemain baru setelah Bitcoin Cash hardfork selesai. Sementara node yang lama akan tetap menjalankan visi berbasis core bitcoin cash yang asli. Keputusan untuk berpisah muncul setelah komunitas tidak sepakat atas usulan upgrade Bitcoin Cash. Dimana pengembang menambahkan sedikit perubahan pada transaksi.

Isu ini semakin meningkat sejak dua pemain kripto ternama saling beradu argumen. Roger Ver dan Craig Wright, keduanya adalah pendukung besar Bitcoin yang kemudian ditahun lalu memisahkan diri dan menciptakan Bitcoin Cash. Kejadian itu kini terulang, padahal BCH baru seumur jagung tetapi sudah terpecah menjadi dua. Roger Ver selama ini fokus pada pengembangan bitcoin cash (BCH) yang dijual dengan harga cukup tinggi di pasar.

Baca juga: Hardfork Ethereum Constantinople Ditunda Hingga Awal 2019

Craig Wright, sosok yang mengklaim dirinya sebagai Satoshi Nakamoto berpendapat bahwa bitcoin cash telah menyimpang dari visi yang asli. Sehingga hardfork kali ini akan menciptakan koin baru yang disebut Bitcoin Satoshi Vision (SV) dengan ukuran blok maksimum 128 MB. Ini jauh lebih besar dari ukuran blok sebelumnya yang menjalankan 32 MB.

Tetapi keduanya tetapi bergantung pada penambang, koin yang mendapatkan hash power paling besar akan diuntungkan. Tentunya dengan pertimbangan harga jual yang bisa menutupi biaya operasional. Dalam konsensus blockchain yang berlangsung memperkirakan Bitcoin ABC akan mendapatkan hash power besar dari penambang. Tetapi ada beberapa pendapat menyatakan bahwa Bitcoin SV akan bisa saja mendapatkan simpati penambang hingga 60 persen hash power.

Baca juga: Bitmain Rilis Patch Overt AsicBoost Untuk Menghemat Biaya Mining

Dilihat dari pasar, tampaknya bursa cryptocurrency tidak menemukan adanya kendala ketika Bitcoin Cash hardfork terjadi. Exchange besar akan mendukung hardfork, dimana pemegang Bitcoin Cash akan menerima 1:1 koin baru yang akan muncul sebagai gantinya. Bitcoin Cash Hardfork direncanakan akan berlangsung pada 15 November 2018, dimana perubahan ini akan mempengaruhi kontrak pada perdagangan BCH. Salah satunya adalah BitMex, kontrak BCHZ18 akan mendukung Bitcoin ABC dan tidak memberikan Bitcoin SV.