Kamis , November 15 2018
Home / Tokoh / Benarkah Jihan Wu Menguasai Jaringan Bitcoin Dunia?
Jihan Wu

Benarkah Jihan Wu Menguasai Jaringan Bitcoin Dunia?

Nama Jihan Wu dikenal sebagai salah satu tokoh kontroversial dalam komunitas cryptocurrency, terutama bitcoin. Berbagai tuduhan negatif dilontarkan kepadanya melalui sosial media. Tuduhan ini antara lain bahwa dirinya akan menguasai Bitcoin melalui penambangan. Jihan adalah sosok pengusaha yang membangun perusahaan pertambangan bitcoin, yang kita kenal sebagai Bitmain.

Jihan Wu tinggal di China, seorang sarjana ekonomi lulusan Universitas Peking. Dia adalah salah satu dari pendiri Bitmain sekaligus pendukung Bitcoin Cash. Ditahun 2017, Jihan menduduki peringkat pertama dari sepuluh tokoh paling berpengaruh dalam teknologi blockchain versi Coindesk. Dan tahun 2018 menduduki peringkat ke-3 di Fortune’s The Ledger 40 under 40 untuk bisnis Fintech.

Jihan Wu, Pendiri Bitmain

Awal karirnya dimulai dari seorang analis dan manajer dana ekuitas swasta. Waktu itu, dia membaca White Paper yang diterbitkan oleh Satoshi Nakamoto dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Mandarin. Alhasil, dia tertarik dengan ide Satoshi. Jihan mengajukan ide mengembangkan chip ASIC untuk penambangan Bitcoin. Hingga akhirnya, Jihan Wu dan Micree Zhan resmi meluncurkan Bitmain pada tahun 2013.

Baca juga: Misteri Satoshi Nakamoto, Identitas Sosok Penemu Bitcoin

Bitmain didirikan untuk mengembangkan dan menjual perangkat penambang bitcoin teknologi chip ASIC Bitmain. Penambang bitcoin pertama diluncurkan adalah Antminer S1, kemudian ditingkatkan sesuai dengan tingkat kesulitan bitcoin. Hingga pada bulan Mei 2016, Antminer S9 yang dianggap paling hemat listrik, resmi dirilis oleh Bitmain.

Beberapa merek terkenal dibawah kendali Bitmain adalah Antminer, Antpool, dan Hashnest. Dimana masing-masing merek menempati peringkat atas di bidangnya. Saat ini Bitmain berkantor pusat di Beijing, dan kantor lainnya berada di Amsterdam, Hong Kong, Tel Aviv, Qingdao, Chengdu dan Shenzhen.

Baca juga: Brian Armstrong Dan Fred Ehrsam, Pendiri Coinbase

Pada bulan September 2017, Sequoia dan IDG memberi dana 50 juta dolar AS. Dana ini direncanakan untuk mendukung pembuatan chip inovatif berkemampuan kecerdasan buatan (AI). Tahun 2017, diperkirakan Bitmain menghasilkan laba sekitar 3-4 miliar dolar AS. Bitmain juga membuka IPO ditahun 2018 untuk mendapatkan modal yang bertujuan mengembangkan perangkat keras.

Konspirasi Jihan Wu Dan Bitcoin Cash

Dalam berbagai versi pendapat yang banyak diperbincangkan melalui forum dan sosial media. Bitmain telah mengontrol pasar penambangan ASIC jenis koin SHA256 seluruh dunia. Perusahaan ini juga mengontrol salah satu pool mining Bitcoin, Antpool. AntPool menguasai distribusi hashrate terbesar di antara penambangan lainnya, lebih dari 16 persen keseluruhan blok bitcoin.

Banyak yang mengkritik Jihan dan menghubungkannya dengan teori konspirasi. Terlebih lagi ketika perusahaan Bitmain mendukung pengembangan Bitcoin Cash (BCH). Dimana Jihan dan Roger Ver mengatakan bahwa koin ini adalah bitcoin yang sesuai visi asli Satoshi Nakamoto.

Baca juga: Roger Keith Ver, Pengusaha Fintech Pendiri Bitcoin Cash

Jihan Wu adalah orang yang agresif mendukung hardfork dan adopsi Bitcoin Unlimited. Bitcoin Unlimited adalah aplikasi client Bitcoin dan merupakan alternatif dari Bitcoin Core asli. Dukungan penambangan menunjukkan bahwa Bitcoin Unlimited didukung sekitar 40%, diikuti oleh SegWit sebesar 34%. Sementara sisanya tetap mendukung blok BIP100 dan 8MB. Dari sinilah lahir Bitcoin Cash (BCH), peningkatan ukuran blok yang memecahkan jaringan bitcoin.

Baca juga: 3 Cryptocurrency Yang Paling Mudah Ditambang CPU Biasa

Jihan juga dituduh melakukan serangan terhadap bitcoin pada November 2017. Dimana sumber daya penambangan saat itu beralih ke Bitcoin Cash, sehingga membuat bitcoin mengalami kendala transaksi. Dimana pada saat itu bitcoin sedang booming, diikuti dengan lonjakan harga bitcoin cash.