Senin , Desember 17 2018
Home / Mining / BCHABC Dan BCHSV Berebut Penambang, Bitcoin Akan Turun $3000
BCHABC Dan BCHSV

BCHABC Dan BCHSV Berebut Penambang, Bitcoin Akan Turun $3000

Pertarungan antara dua saudara lahir dari rahim yang sama, BCHABC Dan BCHSV, ternyata tidak hanya sebatas hardfork. Tetapi juga terus berlanjut hingga salah satu diantaranya dianyatan ‘mati’. Pernyataan ini diungkapkan oleh Craig Wright yang menggagas BCHSV, karena merasa konflik teknikal masih terus berlanjut. Roger Ver tentunya tidak tinggal diam, mengalihkan sumber daya penambangan mendukung BCHABC hingga membuat hash rate menurun.

Pada 15 November 2018, penambang ASIC mendukung implementasi hardfork yang membuat BCH terbagi dua. Bitcoin ABC (BCHABC) dan Bitcoin Satoshi Vision (BCHSV) pada akhirnya berjalan di masing-masing blockchain. Padahal sebelumnya, para penambang hanya menambang satu kripto yaitu BCH. Akibat perseteruan ini, kedua kripto memperebutkan penambang ASIC, yang terkuat dan termahal harganya passti akan menang. Hanya akan ada satu pemenang, dan kembaran yang satunya lagi akan tenggelam selamanya.

BCHABC Dan BCHSV Berebut Penambang

Saat ini, dominasi BCHABC didukung oleh Jihan Wu, seorang pendiri Bitmain yang diduga mengerahkan pasukan penambangannya. Menurutnya, dia tidak berniat memulai perang dengan BCHSV, karena akan berimbas pada BTC yang akan jatuh harga jualnya. Tetapi karena pihak BCHSV tanpa henti mendengungkan peperangan ini, maka Jihan juga ikut bertarung sampai mati. Tak hanya itu, BCHABC juga mendapat dukungan keras hash power dari Bitcoin.com walaupun hanya sehari, ketika hardfork.

Baca juga: Bitcoin Cash Hardfork, Drama Baru Bitcoin ABC Dan Bitcoin SV

Selama periode 10-17 November, statistik menunjukkan total hashrate BCH meningkat dari 9,54 menjadi 15,43 persen. Peperangan ini menyebabkan hashrate Bitcoin coore (BTC) menurun 90,46 menjadi 84,57 persen hanya dalam beberapa hari. Dimasa-masa konflik ini, hash power beralih dari BTC ke BCH hingga menyebabkan harga jual BTC anjlok drastis.

Pertarungan antara keduanya untuk mendapatkan hash power saat ini bisa dikatakan sebanding. Walaupun terkadang ada perbedaan tipis 5 hingga 10 persen. Tidak ada yang tahu sampai kapan pertarungan kedua koin baru ini selesai, bahkan Craig Wright tetap terus memperjuangkan BCHSV merupakan visi utama Satoshi Nakamoto.

Prediksi Bitcoin (BTC) Turun Hingga 3000 Dolar AS

Jika pertarungan ini berlanjut, bukan tidak mungkin harga pasar bitcoin (BTC) turun hingga ke level 3000 dolar AS. Jika kedua koin tetap tidak ada yang mengibarkan bendera putih, bukan tidak mungkin BTC segera menjemput level 1500 dolar AS. Dampak ini akan sangat buruk bagi investor kripto, dan developer yang serius menggarap proyek bagus.

Menurut analis Bloomberg menyebutkan bahwa BTC bisa saja meluncur ke level 1500 dolar AS. Rob Sluymer, analis dari Fundstrat Global Advisors, meramalkan bahwa BTC akan pulih kembali dalam waktu beberapa minggu atau bahkan hitungan bulan. Jatuhnya harga bitcoin sangat berimbas pada seluruh harga pasar cryptocurrency dan membuat target Bullish altcoin gagal terlaksana.

Baca juga: ETP Kripto Pertama Dunia Hadir Di Bursa Saham SIX Swiss Exchange

Kita tunggu saja, sampai kapan BCHABC Dan BCHSV berhenti memperebutkan penambang bitcoin. Disaat itu, harga BTC akan kembali stabil dan menuai kepercayaan investor. Atau ini hanya sekedar drama yang direncanakan ‘Whales’ untuk membeli kripto di harga rendah. Siapa yang tahu, skenario dan pemain besar sedang menanti dibelakangnya.