Kamis , November 15 2018
Home / Investasi / Apa Itu Long Term, Mid Dan Short Trading?
Apa Itu Long Term

Apa Itu Long Term, Mid Dan Short Trading?

Dalam investasi, kita sering mendengar istilah Long Term, Mid Term dan Short Term. Pertimbangan ini tentunya berdasarkan analisa beberapa bulan untuk mendukung investasi mendatang. Apa itu Long term, Mid dan Short Term dalam trading? Beberapa penjelasan singkat berikut akan menambah wawasan sebelum benar-benar terjun kedalam trading.

Di era teknologi internet saat ini, seluruh perdagangan telah menyediakan berbagai tools untuk mendukung trader. Kemudian muncul berbagai kelompok ataupun grup sosial media yang diharapkan dapat membantu trader lain. Group sosial media ini ternyata juga banyak memiliki anggota yang termasuk trader pemula. Sehingga tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk memilih aset investasi berdasarkan signal yang diberikan.

Apa Itu Long Term Trading?

Istilah long term tentunya sudah tak asing lagi bagi investor dan trader saham ataupun cryptocurrency. Dalam perusahaan, long term, mid dan short term berkaitan dengan sisi aset neraca perusahaan, mewakili investasi perusahaan. Termasuk saham, obligasi, bangunan dan uang tunai, seluruhnya dimiliki selama lebih dari setahun. Long term dalam kepemilikan saham umumnya dalam periode diatas 5 tahun, mid term dibawah 5 tahun, dan short term dibawah 1 tahun.

Berbeda dengan Long term dalam trading cryptocurrency, adalah investasi jangka panjang dalam perdagangan berlaku lebih dari 3 bulan. Sementara untuk mid term antara 1 sampai 3 bulan, dan short term kurang dari 1 bulan. Penggunaan periode ini berlaku dalam trading untuk mendapatkan selisih harga yang sangat tinggi.

Baca juga: Liabilitas Jangka Panjang Dan Pendek Dalam Investasi

Bukan rahasia lagi, ketika trader menentukan mid dan long term trading cryptocurrency bisa saja menghasilkan profit diatas 50 persen. Sementara untuk short term biasanya memiliki target kurang dari 30 persen. Seluruh istilah ini paling banyak digunakan dalam group sosial media. Jadi, sebelum mengikuti signal yang diberikan, sebaiknya ketahui periode waktu yang ditentukan.

Short Term Trading Harian

Berbeda dengan trading harian (Day Trading atau Intraday), target yang dicapai dalam perdagangan berdasarkan Short Term (1 sampai 4 minggu). Target ini sudah ditentukan berdasarkan teknikal analisis. Kebanyakan signal yang diberikan dalam group sosial media cryptocurrency adalah trading harian atau short term. Mid dan Long term digunakan sebagai dasar untuk membuat trading harian.

Baca juga: Volatilitas Pasar Dan Nilai Tukar Menentukan Strategi Trading

Trading harian cryptocurrency justru lebih sering menargetkan profit antara 5 sampai 10 persen. Target ini bisa saja diselesaikan dalam waktu antara 1 hingga 3 hari, atau lebih dari itu. Kebanyakan trader pemula terkadang merasa frustasi ketika target tidak dicapai selama berhari-hari.

Tetapi sebaiknya melihat tehnikal analisa yang diberikan, jika target harian medukung Long dan Mid term maka tidak perlu khawatir. Suatu hari nanti target yang dimaksud akan tercapai tanpa harus menjual rugi. Signal-signal gratis dengan target Long dan Mid term paling banyak ditemukan dalam situs Trading View.

Baca juga: Liabilitas Cryptocurrency Yang Harus Diketahui

Dari penjelasan diatas, setidaknya kita sudah mengetahui apa itu Long term, Mid, Short term dalam trading harian. Istilah ini tidak sama seperti memiliki aset (hold) selama berbulan-bulan atau bertahun tahun. Karena dalam trading sebenarnya menargetkan seluruh aset ditutup dalam jangka waktu kurang dari seminggu. Atau setidaknya mendapatkan profit 5 sampai 3 persen untuk sekali perdagangan.