Home / Kripto / Apa Itu Kriptografi? Metode Dan Pengertian Menurut Ahli
Apa Itu Kriptografi

Apa Itu Kriptografi? Metode Dan Pengertian Menurut Ahli

Dalam beberapa tahun terakhir, kripto atau crypto sering terdengar dan tak asing lagi bagi kita. Pada awalnya, kriptografi diciptakan untuk memenangkan strategi pertempuran yang terkenal digunakan dalam mengirimkan pesan rahasia NAZI. Disaat ini, kripto juga digunakan untuk mengirimkan kode-kode rahasia. Sebuah kode yang mengamankan aset seseorang dan berjalan di jaringan terdesentralisasi. Untuk mengenalnya lebih dekat, apa itu kriptografi yang kini kembali populer didunia maya?

Sejarah kriptografi mulai dikenal dalam istilah Cryptograph (lawan dari cryptogram) pertama kali digunakan sejak abad ke-19. Istilah ini muncul dalam novel ‘The Gold-Bug’ karya Edgar Allan Poe. Bahasa kriptografi mulai diungkit kembali sejak cryptocurrency bitcoin booming dipasar internet. Padahal sebelumnya, kripto hampir dianggap tidak ada sama sekali dan hanya digunakan dalam militer atau pesan khusus lembaga tertentu.

Apa Itu Kriptografi?

Seperti dalam film ‘Imitation Game’ yang menceritakan pemecahan kode rahasia Jerman yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Kesulitan pemecahan kode kriptografi ini membutuhkan keahlian matematika, seperti halnya dalam penambangan bitcoin. Dalam Perang Dunia II, perangkat mekanis baru kriptoanalisis pada waktu itu terbukti sulit dipecahkan.

Salah satu upaya cryptanalytic di Bletchley Park, Inggris, dimana para sarjana terkemuka berusaha mengembangkan perangkat yang lebih efisien untuk memecahkan kode. Kemudian muncul Colossus, yang merupakan komputer pertama didunia yang sepenuhnya elektronik, digital, dan diprogram. Perangkat ini membantu untuk mendekripsi sandi yang dihasilkan dari mesin Lorenz SZ40/42 milik Angkatan Darat Jerman.

Sejak adanya jaringan blockchain, kriptografi merupakan kode yang sangat dibutuhkan. Ini juga menjadi landasan pembuatan ratusan cryptocurrency yang kini tersebar di internet. Penambangan cryptocurrency menerapkan konsep kriptografi yang harus dipecahkan sebuah mesin komputer hanya untuk mendapatkan bitcoin. Semakin tinggi spesifikasi komputer, maka semakin cepat menyelesaikan pemecahan kode atau teka-teki matematis bitcoin. Penjelasan singkat ini akan menerangkan tentang ‘apa itu kriptografi’.

Baca juga: Game Blockchain Huntercoin, MMO Pertama Dunia Berburu Koin

Singkatnya, pengertian kriptografi menurut para ahli merupakan kode yang ditulis atau dibuat yang bertujuan agar informasi terkirim tetap dirahasiakan. Kriptografi mengkonversi data ke dalam format yang tidak dapat dibaca untuk pengguna yang tidak sah. Kode ini memungkinkan ditransmisi tanpa entitas yang tidak sah mendekodekannya kembali ke dalam format yang dapat dibaca.

Algoritma Kriptografi

Dari segi keamanan, informasi kriptografi menggunakan beberapa level sehingga tidak mudah dipecahkan. Informasi tidak dapat dibaca tanpa kunci atau Key untuk mendekripsikannya. Informasi ini dipertahankan integritasnya selama transmisi dan disaat tersimpan. Sehingga pengirim dan pengiriman pesan dapat diverifikasi kedua belah pihak.

Kriptografi memungkinkan pengirim dan penerima saling mengotentikasi melalui penggunaan Key. Setidaknya ada tiga algoritma yang kerap digunakan untuk menjelaskan apa itu kriptografi.

  1. Symmetric-key cryptograph (SKC) atau enkripsi simetris. Merupakan metode enkripsi di mana pengirim dan penerima berbagi kunci yang sama. Ini adalah satu-satunya jenis enkripsi yang digunakan publik hingga Juni 1976.
  2. Public Key Cryptography (PKC) atau enkripsi asimetris. PKC menggunakan dua key, salah satunya berfungsi sebagai publik key yang dapat diakses siapa pun. Dan yang satunya disebut private key. Whitfield Diffie dan Martin Hellman, adalah penulis pertama yang menerbitkan makalah Public Key Cryptography.
  3. Dan yang terakhir adalah Fungsi Hash, algoritma ini berbeda dari SKC dan PKC atau disebut satu arah yang tidak menggunakan key. Fungsi hash mengambil pesan dari setiap panjang hash sebagai masukan. Menghasilkan hash panjang tetap yang dapat digunakan dalam tanda tangan digital. Fungsi hash tidak menciptakan dua pesan yang menghasilkan hash yang sama. Dan metode ini juga digunakan dalam bitcoin mining.

Baca juga: Jenis Kriptografi Modern, 22 Algoritma Cryptocurrency

Materi kriptografi modern saat ini mencakup disiplin ilmu matematika, ilmu komputer, teknik elektro, ilmu komunikasi, dan fisika. Contoh kriptografi bisa dilihat dalam teknologi blockchain, E-commerce, kartu pembayaran berbasis-chip. Kata sandi komputer, dan sejak dahulu sampai sekarang masih digunakan dalam komunikasi militer.

Baca juga: Apa Itu Bitcoin Mining VGA, FPGA Dan ASIC?

Secara garis besar ringkasan diatas telah menjelaskan apa itu kriptografi. Kode yang merupakan suatu cara untuk membangun dan menganalisis protokol yang mencegah pihak ketiga dari membaca pesan pribadi. Aspek yang diamankan dalam jenis kriptografi modern berupa kerahasiaan data, integritas data, otentikasi, dan non-penolakan atau non-repudiation.

Baca Juga

Proof of Burn

Apa Itu Proof of Burn (POB)? Begini Penjelasannya

Konsensus yang satu ini memang jarang terdengar, tetapi dianggap sebagai solusi praktis untuk mengurangi biaya …