Sabtu , November 17 2018
Home / Investasi / Apa Itu Investasi Saham, Pengertian Dan Definisi?
Apa Itu Investasi Saham, ETF bitcoin

Apa Itu Investasi Saham, Pengertian Dan Definisi?

Istilah saham sering kita dengar sebagai bisnis investasi yang menggiurkan. Dikalangan pemula, tentunya harus mengetahui apa itu investasi saham, baik secara perngertian menyeluruh ataupun hanya berupa definisi. Jika tidak memahami, bisa saja investasi yang Anda tanamkan tidak berjalan lancar.

Secara garis besar, dalam beberapa tahun terakhir investasi saham di Indonesia mulai tumbuh. Terlebih dengan adanya aplikasi yang menawarkan investasi saham online. Aplikasi ini disediakan para pialang, perusahaan sekuritas ataupun broker berpengalaman. Sehingga kompetisi ditahun-tahun mendatang sangat ketat dalam merebut pasar investasi.

Penjelasan singkat berikut akan menjelaskan pengertian dan definisi apa itu investasi saham. Saham adalah bagian dari kepemilikan yang mewakili klaim atas aset dan penghasilan perusahaan. Jika seseorang memiliki stok yang lebih banyak, bukan berarti mereka memiliki saham yang lebih besar. Definisi ataupun pengertian antara pemegang saham dan perusahaan dibatasi oleh hukum.

Apa Itu Investasi Saham?

Setiap pemegang saham tidak memiliki perusahaan, tetapi mereka memiliki saham yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan. Perusahaan merupakan badan berbadan hukum dimana mereka mengajukan pajak, mendapatkan pinjaman dana, dan mempunyai properti. Secara hukum, properti dan pemegang saham dibatasi oleh tanggung jawab, baik perusahaan maupun pemegang saham. Dengan kata lain, aset ataupun properti yang berada di kantor merupakan milik perusahaan, bukan pemegang saham.

Jika perusahaan bangkrut, hakim bisa memutuskan bahwa semua aset dijual. Pengadilan juga tidak bisa memaksa untuk menjual saham, walaupun nilai saham turun drastis. Dan jika pemegang saham utama bangkrut, maka mereka tidak bisa menjual aset perusahaan untuk melunasi kreditor.

Dari definisi diatas, disimpulkan bahwa saham diterbitkan oleh perusahaan, dan korporasi memiliki aset. Apabila seseorang memiliki 33 persen investasi saham perusahaan, bukan berarti mereka memiliki sepertiga perusahaan. Melainkan memiliki 100 persen dari sepertiga saham perusahaan.

Baca juga: Apa itu ETF?

Para pemegang saham tidak dapat melakukan apa pun atas kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dan aset yang dimiliki. Kepemilikan saham akan memberi hak kepada pemegang saham untuk memilih, terutama dalam rapat pemegang saham. Mereka akan menerima dividen atau keuntungan perusahaan, dan memperoleh hak untuk menjual saham kepada orang lain.

Keuntungan yang diperoleh dalam investasi saham termasuk dividen. Nilai dividen yang akan diperoleh sebelumnya diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS ). Kemudian, investor akan mendapatkan capital gain, yaitu keuntungan yang diperoleh dari selisih harga pembelian dan penjualan. Contohnya, membeli diharga 500, dan menjual diharga 1250, nilai keuntungan 750 disebut capital gain.

Baca juga: Apa Itu Dividen?

Penjelasan diatas setidaknya telah menerangkan apa itu investasi saham. Jadi, mengapa harus memilih investasi saham? Pemegang saham berhak mendapatkan sebagian keuntungan perusahaan berdasarkan nilai saham. Semakin banyak saham yang dimiliki, semakin besar porsi keuntungan yang akan diperoleh.

Baca juga: Apa Itu IPO, Initial Public Offering?

Pada umumnya, pertumbuhan saham produktif antara 10-15 persen pertahun. Nilai ini terus tumbuh, tidak terlepas karena adanya pengembangan bisnis dan promosi. Dan sebaik-baiknya investasi dalam jangka panjang, antara 5 sampai 10 tahun kedepan.