Sabtu , November 17 2018
Home / Investasi / Apa itu ETF? Sekuritas Yang Diperdagangkan Di Bursa Saham
Apa itu ETF

Apa itu ETF? Sekuritas Yang Diperdagangkan Di Bursa Saham

Ditahun 2018, tampaknya pasar saham menunjukkan peningkatan pesat. Banyak orang mulai melirik investasi jangka panjang dengan pilihan sekuritas terpilih didalamnya. Salah satunya ETF, walaupun baru beberapa tahun diperkenalkan di Indonesia. ETF juga sering disebut-sebut dalam pemberitaan cryptocurrency bitcoin. Apa itu ETF, dan bagaimana cara mendapatkannya?

Exchange Traded Fund (ETF) merupakan dana atau sekuritas yang diperdagangkan di bursa sebagai instrumen investasi pasif yang berpatokan pada indeks yang mendasarinya. Indeks yang mendasar ini bisa saja berupa saham, komoditas, obligasi, dan portofolio. ETF diperdagangkan seperti saham biasa, aset ini menggabungkan berbagai dana terdiversifikasi dengan biaya rendah dan perdagangan saham.

Apa Itu ETF?

ETF merupakan sebuah upaya pendanaan sederhana, atau dapat diartikan sebagai Reksa Dana yang diperdagangkan. ETF juga bisa ditemukan di Bursa Efek Indonesia. Hampir sama dengan Reksa Dana, ETF berupa kontrak investasi yang dipilih secara kolektif yang sebelumnya tercatat dan diperdagangkan di bursa. Dalam sistem EFT ini terdapat Manajer Investasi dan Bank Kustodian. Salah satu jenis ETF yang dikembangkan di pasar modal Indonesia adalah Indeks LQ-45, IDX30, Kompas100, dan lainnya.

ETF mengalami perubahan harga sepanjang hari, ini terjadi setiap saat terjadinya jual beli. ETF biasanya memiliki likuiditas harian yang lebih tinggi dan biaya lebih rendah daripada saham reksa dana. Pilihan ini terkadang menjadikan sekuritas ini sebagai alternatif yang menarik bagi investor. Dan dalam perdagangan ETF tidak memiliki nilai aktiva bersih atau Net Asset Value (NAV).

Struktur investasi akan berbeda-beda di setiap negara, dan dalam satu negara saja terdiri dari beberapa struktur yang berdampingan. Para pemegang saham tidak secara langsung memiliki atas investasi yang mendasarinya. Tetapi pemegang saham ETF berhak atas keuntungan, seperti bunga atau dividen yang dibayarkan dan memperoleh nilai sisa jika dana dilikuidasi.

Penciptaan Dan Penebusan ETF

ETF mudah dibeli, dijual atau ditransfer dengan cara yang sama seperti saham, karena ETF diperdagangkan di bursa saham publik. Pasokan saham ETF diatur melalui mekanisme penciptaan dan penebusan (creation and redemption).

Proses ini melibatkan beberapa investor besar yang dikenal sebagai peserta yang berwenang (Authorized Participants, disingkat AP). AP memiliki tingkat daya beli yang tinggi seperti market maker, bisa saja bank atau perusahaan investasi.

Baca juga: Apa Itu Exchange Traded Fund Bitcoin?

Hanya AP yang dapat membuat atau menukarkan unit ETF. Dalam proses penciptaan, AP akan mengumpulkan portofolio aset yang mendasari untuk saham ETF yang akan dibuat. Sedangkan proses penukaran, AP mengembalikan saham ETF menjadi dana yang terdiri dari portofolio yang mendasarinya. Setiap hari, dana yang mendasari ini akan diungkapkan kepada publik.