Sabtu , November 17 2018
Home / Investasi / Apa Itu ETF Bitcoin? Sejak Kapan Proposal Crypto Diajukan?
Apa itu ETF bitcoin

Apa Itu ETF Bitcoin? Sejak Kapan Proposal Crypto Diajukan?

Bitcoin tampaknya akan terus berjuang untuk mendapatkan persetujuan dari Securities and Exchange Commission (SEC) di Amerika Serikat. Mengapa hal ini begitu penting bagi komunitas kripto? Proses ini sangat menjamin investasi cryptocurrency, sehingga investor tidak khawatir untuk membeli, menjual dan menyimpannya. Apa itu ETF Bitcoin, dan sejak kapan pengajuan proposalnya?

Exchange Traded Fund (ETF) merupakan dana atau sekuritas yang diperdagangkan di bursa saham. Aset sekuritas ini sebagai instrumen investasi pasif yang berpatokan pada indeks yang mendasarinya. ETF diperdagangkan seperti saham biasa, aset ini menggabungkan berbagai dana terdiversifikasi dengan biaya rendah dan perdagangan saham. Indeks yang mendasar dalam ETF bitcoin berupa mata uang digital kripto, yaitu bitcoin.

Baca juga: Apa itu ETF? Sekuritas Yang Diperdagangkan Di Bursa Saham

ETF mengalami perubahan harga sepanjang hari, ini terjadi setiap saat terjadinya jual beli. ETF biasanya memiliki likuiditas harian yang lebih tinggi dan biaya lebih rendah daripada saham reksa dana. Pilihan ini terkadang menjadikan sekuritas ini sebagai alternatif yang menarik bagi investor. Dan dalam perdagangan ETF tidak memiliki nilai aktiva bersih atau Net Asset Value (NAV).

Apa itu ETF Bitcoin?

ETF bitcoin akan melacak indeks benchmark bitcoin dan mereplikasi performanya setiap hari. Proses ini sangat memungkinkan setiap orang dan pialang untuk berinvestasi dalam cryptocurrency tanpa harus khawatir tentang pembelian aset, penjualan dan penyimpanan. Masuknya bitcoin ke bursa perdagangan saham tidak dianggap main-main, oleh karena itu aturan SEC di Amerika Serikat sangat ketat dan proposal berulang kali ditolak.

Untuk mewujudkan hal tersebut, bitcoin harus diluncurkan sebagai instrumen keuangan. Tetapi, ETF bitcoin harus disetujui oleh Securities and Exchange Commission (SEC) terlebih dahulu, yang saat ini sedang diproses di Amerika Serikat. Proses pengajuan proposal ini berlangsung lama dan sangat dinantikan komunitas bitcoin.

Sejak tahun 2013, bitcoin telah diajukan dan sampai hari ini masih belum disetujui oleh Securities and Exchange Commission (SEC). Begitupun, bitcoin tetap diajukan sebagai salah satu sekuritas. Produk sekuritas ETF bitcoin telah menunggu persetujuan sekian lama. Tetapi SEC terus mencoret proposal ETF bitcoin satu per satu, tidak ada masa depan yang jelas sampai saat ini.