Sabtu , November 17 2018
Home / Investasi / Apa Itu Dividen, Dan Pengertian Dividen Yield?
Apa Itu Dividen

Apa Itu Dividen, Dan Pengertian Dividen Yield?

Jika kita memiliki saham di perusahaan tertentu, setidaknya akan mendapat keuntungan berupa dividen setiap tahunnya. Walaupun ada beberapa perusahaan yang tidak mengeluarkan dividen, tergantung dari keputusan manajemen perusahaan tersebut. Apa itu dividen? Dan apa pula yang dimaksud dengan dividen yield?

Dividen menurut para ahli adalah distribusi sebagian pendapatan perusahaan yang telah diputuskan oleh dewan direksi. Pendapatan tunai ini dibayarkan kepada seluruh ataupun sebagian kelas pemegang saham. Dalam pengambilan keputusan, dewan direksi memilih untuk membagikan dividen menurut jangka waktu dan tingkat pembayaran yang telah disepakati. Pembagian dividen biasanya bulanan, atau secara khusus disessuaikan menurut keputusan yang ditentukan.

Apa Itu Dividen

Tingkat dividen bisa dalam bentuk mata uang fiat yang diterima per saham, atau Dividen per Share (DPS). Perusahaan akan menghitung laba bersih untuk menentukan dan mengalokasikan kepada pemegang saham melalui dividen. Dalam hal ini, tidak sepenuhnya pemegang saham selalu mendapatkan dividen. Bisa saja laba bersih dividen digunakan untuk pembelian kembali saham yang telah dijual atau buyback. Dimana seluruhnya harus disetujui dan dikelola oleh dewan direksi.

Ada beberapa alasan, mengapa perusahaan tidak membagikan dividen ditahun-tahun pertama setelah IPO. Beberapa alasannya karena perusahaan merugi dan keuntungan diinvestasikan untuk mempertahankan pertumbuhan perusahaan. Perusahaan yang umumnya membayar dividen dengan nilai tinggi biasanya berasal dari jenis usaha material, migas, finansial, dan kesehatan.

Baca juga: Apa Itu IPO, Initial Public Offering?

Dalam perusahaan juga ada yang menganut teori argumen bird in hand, dimana dividen tidak berbentuk uang fiat. Pengertian argumen bird in hand adalah kebijakan dividen yang mengklaim bahwa investor kurang yakin menerima pertumbuhan masa depan. Kemudian keuntungan ditahan dan diinvestasikan kembali, sehingga tidak ada pembayaran dividen. Jadi, investor telah menambahkan jumlah investasi yang lebih tinggi daripada sebelumnya melalui dividen yang seharusnya diterima. Secara teori, nilai saham yang diperoleh setara dengan pertambahan investasi.

Selain itu, ada pula teori dividen tidak relevan. Menurut Merton Miller dan Franco Modigliani, kebijakan dividen perusahaan tidak relevan yang tidak berpengaruh pada harga saham. Jika dividen tunai perusahaan terlalu besar, pemegang saham bisa mengambil kelebihan kas dan menggunakannya untuk membeli saham perusahaan lebih banyak. Dan jika dividen tunai terlalu kecil, perusahaan bisa menjual sebagian saham untuk mendapatkan arus kas yang diinginkan. Teori ini hanya berlaku jika tanpa pajak, tidak ada biaya broker, dan saham tidak habis dibagikan.

Baca juga: Jenis Saham Menurut Para Ahli Secara Umum

Apa Itu Dividen Yield?

Apa itu dividen yield? Dividen yield merupakan rasio keuangan yang menunjukkan berapa banyak perusahaan membayar dividen relatif setiap tahun terhadap harga sahamnya. Dividen yield diasumsikan sebagai persentase, sehingga bisa dihitung dengan membagi nilai dividen yang dibayarkan setiap tahun dengan harga per saham (Annual Dividends per Share/Stock Price Per Share).

Dividen yield adalah sebuah cara untuk mengukur berapa banyak arus kas diperoleh yang diinvestasikan dalam posisi ekuitas. Perhitungan ini berguna untuk mengukur berapa banyak pengembalian/keuntungan yang bisa diperoleh dari dividen. Terlebih jika tidak ada capital gain, hasil dividen merupakan satu-satunya profit yang ditunggu-tunggu.

Baca juga: Apa Itu Investasi Saham, Pengertian Dan Definisi?

Tentunya hal ini bisa dilihat ketika perusahaan membayar tinggi dividen kepada pemegang saham. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan sedang menarik investor dan berusaha menumbuhkan modal. Karena perusahaan yang baik umumnya tidak membagikan dividen terlalu tinggi. Tetapi tidak selalu demikian, jika perusahaan sebelumnya memotong dividen untuk penambahan investasi. Maka pembayaran dividen berikutnya bisa saja dibagi penuh kepada pemegang saham.