Home / Investasi / Apa itu Bitcoin Futures? Inikah Penyebab Bitcoin Naik Turun?
cara sukses di bitcoin, Apa itu Bitcoin Futures

Apa itu Bitcoin Futures? Inikah Penyebab Bitcoin Naik Turun?

Sejak bitcoin mencuat diakhir tahun 2017, perdagangan berjangka dianggap sebagai praktik umum dalam cryptocurrency. Trading ini didukung dengan CME dan CBOE untuk Bitcoin futures, dan BitMEX adalah salah satu bursa kripto yang terkenal. Apa itu bitcoin futures, dan apa saja untung ruginya?

Crypto futures merupakan cara untuk memperdagangkan harga cryptocurrency di masa depan. Bitcoin futures adalah cryptocurrency yang paling umum di perdagangkan dalam satu tahun terakhir. Perdagangan berjangka ini mendapat sambutan baik diawal tahun 2018, dimana banyak orang mulai membeli aset dan mendapatkan keuntungan yang lebih baik.

Apa itu Bitcoin Futures?

Pencatatan perdagangan berjangka produk bitcoin diselesaikan secara tunai oleh Chicago Mercantile Exchange (CME) dan Chicago Board Options Exchange (CBOE). Ketika kontrak berjangka berakhir, nilai ini dibayarkan kepada pedagang secara tunai dengan fiat, bukan dalam satuan Bitcoin. Kontrak berjangka dapat diperjual belikan oleh pedagang kapanpun dalam jangka waktu kontrak. Tetapi penawaran dan permintaan pasar merupakan faktor penentu harga aset bitcoin.

Baca juga: Apa Itu ETF Bitcoin?

Dengan kata lain, trader berspekulasi di harga pasar, futures memungkinkan untuk mengambil posisi terendah. Tentunya dengan risiko dan peluang masa depan yang tidak diketahui, tanpa benar-benar membeli atau memegang aset yang mendasarinya. Perdagangan berjangka bitcoin melibatkan adaptasi terhadap perubahan sentimen pasar, pembelian dan penjualan berdasarkan harga Bitcoin saat itu.

CME dan CBOE Bitcoin futures diselesaikan secara tunai, pemegang kontrak akan menerima dalam nilai fiat USD. Futures memang memiliki efek pasar, sehingga banyak pemikiran bahwa CME dan CBOE Bitcoin futures yang telah membawa dampak turun/naiknya harga Bitcoin.

Baca juga: ETP Kripto Pertama Dunia Hadir Di Bursa Saham SIX Swiss Exchange

Perdagangan berjangka memang sangat beresiko tinggi, dimana pedagang lebih beresiko dibandingkan perdagangan tradisional. Tidak ada yang tahu masa depan pasar cryptocurrency, bisa saja naik dan bisa saja turun tiba-tiba. Berikut ini beberapa pendapat tentang untung rugi bitcoin futures.

Dengan adanya bitcoin ataupun cryptocurrency futures, maka pedagang berkesempatan mengambil opsi Leverage. Opsi ini memungkinkan untuk meningkatkan modal, misalnya 10 hingga 100 kali. Banyak orang meyakini, ketika grafik menunjukkan tanda-tanda bulish, mereka segera melipatkan aset dan resikonya sangat besar. Kemudian volatilitas tinggi terkadang membuat pedagang sulit menentukan sentimen pasar.

Baca juga: Bitcoin Investment Trust (GBTC), Alternatif ETF Bitcoin

Nah, penjelasan singkat diatas bisa menjelaskan apa itu bitcoin futures. Banyak orang berpendapat, dengan adanya BitMEX yang menjual futures leverage justru membuat harga cryptocurrency mudah terbaca dimasa depan.