Kamis , November 15 2018
Home / Investasi / Apa Itu Arbitrase Bitcoin? Trik Dan Strategi Profit Altcoin
Apa Itu Arbitrase Bitcoin

Apa Itu Arbitrase Bitcoin? Trik Dan Strategi Profit Altcoin

Memindahkan aset cryptocurrency dari satu wallet ke wallet lain adalah hal yang lazim dilakukan trader. Salah satu alasannya karena pasar yang kurang pada bursa tertentu sehingga harus dijual ke pasar lain. Apa itu arbitrase bitcoin dan cryptocurrency altcoin? Dan bagaimana strategi arbitrase bitcoin bisa mendatangkan profit?

Ketika trader membeli bitcoin (BTC) ataupun altcoin yang tersedia di exchange tertentu. Terkadang pasar tidak begitu menarik minat sehingga harga koin terkesan lambat terjual kembali. Banyak trader memperhitungkan untung rugi menjual cryptocurrency di exchange lain. Mengingat menyimpan koin dalam jangka waktu yang lama bukan pilihan terbaik dan berisiko merugi.

Apa Itu Arbitrase Bitcoin?

Bagi trader pemula, mungkin belum memahami apa itu arbitrase bitcoin dan cryptocurrency altcoin. Tindakan ini merupakan salah satu strategi untuk mencari keuntungan dengan cara memanfaatkan perbedaan harga pasar di bursa berbeda. Artinya, jika exchange A menjual bitcoin atau altcoin lebih murah. Maka dibeli dan dipindahkan ke exchange B yang memiliki harga pasar lebih tinggi.

Tehnik ini sebenarnya tidak menguntungkan untuk perdagangan bitcoin (BTC). Tetapi sangat memungkinkan mendapatkan profit lebih besar jika memperdagangkan altcoin. Perpindahan dari satu wallet ke walllet lain juga harus diperhitungkan. Yaitu biaya transaksi dan berapa banyak volume pasar yang meminta crypto tersebut.

Baca juga: Liabilitas Cryptocurrency Yang Harus Diketahui

Resiko yang akan dialami arbitrase salah satunya adalah jaringan. Pastikan juga bahwa kedua exchange tidak mengalami gangguan jaringan, atau koin tidak akan diterima tepat waktu. Harga bisa saja turun secara tiba-tiba, mengingat pasar cryptocurrency sangat cepat berubah dalam hitungan menit.

Trik Dan Strategi Profit Dari Arbitrase

Trik arbitrase bitcoin dan altcoin sebenarnya cukup mudah. Cukup membuka 3 atau 4 bursa cryptocurrency berbeda. Misalnya, Indodax, Binance, Bittrex, Kucoin, Coinex, Mercatox dan bursa lainnya yang memiliki pasar lebih rendah. Ada banyak exchange yang bisa dimanfaatkan, tetapi yang perlu diperhatikan adalah volume perdagangan.

Baca juga: Liabilitas Jangka Panjang Dan Pendek Dalam Investasi

Bursa kripto yang kurang memiliki pasar merupakan target untuk pembelian koin. Kemudian dijual ke bursa yang memiliki pasar lebih tinggi dan cepat. Transaksi ini tetap menggunakan bitcoin (BTC) untuk membeli dan menjual seluruh altcoin. Ketika sudah terjual, gunakan untuk membeli altcoin lain yang bisa dijual ke exchange utama. Dan tentunya tetap melakukan arbitrase, sehingga bisa menghasilkan double profit.

Baca juga: Apa Itu Long Term, Mid Dan Short Trading?

Memahami tentang apa itu arbitrase bitcoin sebenarnya tidak begitu menyulitkan. Walaupun ada beberapa aplikasi yang menawarkan tingkat perbedaan harga antar exchange. Tetapi harga terkadang tidak selalu tepat, dan jumlah koin terbatas. Strategi arbitrase bitcoin dan altcoin yang paling ampuh adalah dengan cara memeriksa satu-persatu exchange. Atau lakukan secara manual menggunakan kalkulator, dikurangi biaya transaksi.