Sabtu , November 17 2018
Home / Kripto / 3500 ATM Bitcoin Beroperasi Di Seluruh Dunia, Termasuk Bali
3500 ATM Bitcoin

3500 ATM Bitcoin Beroperasi Di Seluruh Dunia, Termasuk Bali

Meskipun beberapa negara melarang perdagangan bitcoin, bukan berarti penggunaan mata uang kripto ini merosot. Justru saat ini bitcoin semakin dominan dan tetap menjadi raja diantara cryptocurrency lainnya. Ini terbukti dengan adanya lebih dari 3500 ATM Bitcoin yang beroperasi tersebar di 73 negara. Mesin ini justru mempermudah pengguna untuk bertransaksi dengan mata uang fiat.

ATM Bitcoin adalah kios yang memungkinkan seseorang untuk menukar Bitcoin dan uang tunai. Beberapa ATM menawarkan fungsionalitas bi-directional, yaitu memungkinkan pembelian dan penujualan Bitcoin dengan uang tunai. Penyedia ATM Bitcoin mengharuskan pengguna untuk memiliki akun ataupun wallet yang sudah ada untuk bertransaksi.

Kios bitcoin terhubung ke internet, bisa menyisipkan uang tunai dalam pertukaran bitcoin. Transaksi ini mengeluarkan tanda terima berupa kertas. Sekilas terlihat seperti ATM pada umumnya, tetapi kios Bitcoin tidak terhubung ke rekening bank. Melainkan menghubungkan pengguna langsung ke exchanger cryptocurrency.

Saat ini mesin ATM bitcoin telah tersebar di 73 negara, yang dioperasikan oleh 481 operator. Dari 3500 ATM bitcoin, salah satunya beroperasi di Bali, dimana turis asing paling sering menggunakan mesin ini. Mesin ini dioperasikan oleh perusahaan Bitcoin Indonesia. ATM ini melayani jual beli bitcoin dan altcoin, termasuk BCH, ETH, DASH, LTC, ZEC, XMR, DOGE.

Map 3500 ATM Bitcoin Di 73 Negara

Harga bitcoin tahun ini mengalami penurunan hampir 50 persen sejak Februari. Dan kini harga bitcoin rata-rata mencapai 7000 dolar AS. Bagaimanapun, harga merosot bukan menjadi penghalang, produsen mesin ini terus memasang ATM baru dibeberapa lokasi dunia.

Mesin ini menjadi populer dan membuat bitcoin terus berubah harganya. Dimana beberapa tahun yang lalu hanya dihargai ratusan dolar, kini menjadi ribuan dolar. Menurut data yyang dihimpun oleh Coinatmradar, penurunan harga bitcoin akhir-akhir ini tidak menyurutkan minat pengguna kripto.

Tingkat penggunaan mesin ATM bitcoin justru bertambah dibeberapa daerah. Lebih tepatnya, saat ini telah tersedia 3509 ATM bitcoin yang beroperasi diseluruh dunia. Sekitar 32 persen dari 1846 ATM juga menyediakan pilihan penukaran altcoin, Litecoin dan Ether. Data juga menyebutkan bahwa Amerika Utara memiliki ATM bitcoin terbanyak secara global.

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Monero Paling Mudah, Begini Rahasianya

Diperkirakan 2594 ATM bitcoin ATM sudah terpasang atau sekitar 74,05 persen dari total keseluruhannya. Kemudian mesin ini juga beroperasi di Eropa, termasuk Inggris dan Austria, Rusia dan Republik Ceko. Perusahaan yang mendominasi pemasangan ATM adalah Genesis Coin mengambil pasar 33,69 persen. Menyusul General Bytes yang berbasis di Eropa mencapai 26,89 persen.

Mesin ATM ini terbagi menjadi dua jenis, yang pertama satu arah berfungsi hanya untuk membeli kripto. Dan jenis dua arah berfungsi untuk jual beli. Pemesanan mesin dua arah melonjak hingga 37 persen, peminat lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Main Game Dapat Bitcoin Gratis, Begini Caranya

Lebih dari 3500 ATM Bitcoin menawarkan pilihan tersendiri bagi pengguna kripto. Dimana konsumen bisa saja sewaktu-waktu membeli dan menjual cryptocurrency. Data lengkap tentang perkembangan ATM cryptocurrency dan lokasi mana saja yang beroperasi, bisa dilihat langsung di Map website Coinatmradar.